Ajari Anak Bersih-bersih Setelah Makan

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Anak-anak ibarat kertas kosong, polos dan tidak mengerti apapun termasuk soal kegiatan setelah makan. Mengajari apa yang harus dilakukan setelah makan bisa menambah pengetahuan lain dan menumbuhkan kemandirian pada anak. Menyiapkan anak untuk bisa mengurus dirinya sendiri sedari kecil memang perlu ditanamkan orang tua. Mungkin terdengar kejam jika disebut mengajari untuk mengurus diri sendiri, untuk itu ilmu parenting menyebutnya dengan KEMANDIRIAN.

Mengajarkan anak bersih-bersih setelah makan

Selain mengajarkan anak untuk bisa makan sendiri, mengajarkan anak bersih-bersih setelah makan juga amat penting. Misalnya dengan membawa piring kotor ke dapur dan mencucinya sendiri atau bisa juga dengan membersihkan meja makan dari remahan makanan sendiri. Hal kecil seperti ini bisa menumbuhkan kemandirian dan mengajarkan kepada anak bahwa penting sekali untuk tetap menjaga kebersihan. Mengajarkan tanggung jawab atas kebersihan tempat makan dan piring sehabis dipakai makan diri sendiri. Jika hal ini sudah tertanam, akan muncul kebiasaan bersih-bersih lainnya. Seperti, tidak membiarkan kamar berantakan dan kotor. Tidak membiarkan meja belajar kotor, dan lain sebagainya.

Ajarkan hari ini untuk bekal dewasa nanti

Meskipun mungkin hari ini di rumah anak bersama mbak – pembantu, yang siap sedia membantunya untuk membereskan dan membersihkan kekacauan di rumah seperti mainan yang berantakan, meja makan yang berantakan, lantai yang kotor, tempat tidur acak-acakan dan lain sebagainya. Jika bos bis sudah menanamkan kebiasaan bersih-bersih sejak dini, bos bis tidak akan merasa capek nantinya jika misalnya pembantu atau ART bos bis pulang kampung, atau mungkin mengundurkan diri dari pekerjaan karena bos bis harus kembali berjuang membersihkan rumah sendiri sampai ada ART baru karena bos bis akan sedikitnya merasa terbantu karena anak sudah bisa bersih-bersih sendiri.

Dan jika kebiasaan bersih-bersih ini terus diterapkan hingga dewasa, bos bis tidak perlu lagi khawatir untuk melepas anak jauh dari rumah. Misalnya untuk kuliah di luar kota. Karena kebersihan anak sudah terjamin oleh dirinya sendiri.

Dari mulai bersih-bersih setelah makan dan mencuci piring sendiri bisa menumbuhkan kebiasaan bersih-bersih lainnya. Kemandirian anak memang tidak muncul dengan sendirinya, harus dilatih sedini mungkin. Terima kasih sudah membaca hingga akhir, dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: