Akibat Dari Pola Makan dan Pola Tidur Yang Tidak Teratur

Halo BosBis! Assalamualaikum! Pola makan tidak teratur bisa membuat lambung kita terganggu, dan pola tidur tidak teratur bisa memicu stress. Bagaimana jika ada orang yang melakukan kedua kelalaian ini untuk tubuhnya? Mari kita baca penjelasannya.

Akibat dari pola makan yang tidak teratur

Biasanya orang akan melewatkan sarapan dan makan siang dengan tujuan agar kurus, tapi siapa disangka malah memicu penambahan berat badan karena asupan kalori dan keluaran energi tidak sesuai. Dalam jangka pendek, pola makan tidak teratur ini dapat mengakibatkan stres, kelelahan dan menurunnya kemampuan dalam bekerja. Pola makan yang buruk juga bisa mengakibatkan malnutrisi, diabetes tipe 2, karena asupan gizi yang kurang dari yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi, ada juga yang sampai tidak makan sumber karbohidrat dan hanya memakan daging merah seperti daging sapi dan domba, padahal bisa menyebabkan jantung koroner jika dikonsumsi terlalu banyak.

Akibat dari pola tidur yang tidak teratur

Pola tidur buruk bisa menyebabkan obesitas karena saat terjaga tubuh akan merangsang hormon ghrelin yang menyebabkan rasa lapar. Pola tidur tidak teratur bisa membuat BosBis rentan terhadap serangan jantung, diabetes, stroke, dan tekanan darah tinggi. Belum lagi bisa menimbulkan kerusakan pada kulit karena tubuh tidak bisa memproduksi hormon kortisol yang cukup. Selain itu kurang tidur dapat membuat BosBis perlahan menjadi pikun dan menyebabkan masalah mental seperti depresi.

Kesimpulan

Jika ada manusia yang melakukan keduanya, pola makan dan pola tidur tidak teratur, kemungkinan saja akan lebih cepat mengalami salah satu penyakit yang dipaparkan diatas. Stress, depresi, kelelahan biasanya akan muncul lebih awal dari penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan jantung koroner. Dengan sengaja membuat tubuh kurang tidur dan kurang makan artinya menyiksa diri sendiri. Jadi, sayangilah diri BosBis sendiri dan jangan memaksakan diri.

Itu saja BosBis yang bisa Oting sampaikan. Terima kasih sudah membaca sampai akhir, dan semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi Oting.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: