Aktivitas Yang Banyak Harus Diimbangi Dengan Tidur Yang Cukup

Halo BosBis semuanya! Assalamualaikum! Saat beraktivitas, tubuh mengeluarkan sejumlah energi. Sehingga setelah beraktivitas yang cukup banyak selama sehari penuh, kita perlu mengistirahatkan tubuh agar tidak terjadi efek samping seperti kelelahan. Tidur, merupakan kegiatan istirahat yang lebih ampuh dibanding hanya duduk dan menonton TV. Karena pada saat tidur, tubuh benar-benar full beristirahat. Otot dan otak yang tadinya tegang akan kembali rileks saat kita mengistirahatkan tubuh.

Berikut ini Oting akan mencoba menjabarkan lebih jelas lagi mengenai manfaat tidur yang cukup setelah seharian banyak beraktivitas.

Lebih fokus dan lebih berenergi

Jika kita bisa mendapatkan tidur yang cukup, manfaat yang akan lebih dulu dirasakan adalah kembalinya energi yang sudah menghilang dari tubuh kemarin dan merasakan tubuh lebih fit. Dan manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh tubuh saja, tapi juga otak kita. Otak kita akan terasa lebih enteng dan bisa lebih fokus. Kita jadi bisa lebih berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan dan menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

Menghilangkan mood swing

Salah satu efek kurang tidur dan efek dari kelelahan adalah mood swing, atau perubahan suasana hati yang signifikan. Untuk itu diperlukan tidur yang cukup agar terhindar dari mood swing ini. Saat tidur, otak dapat memproses emosi dan pikiran lebih baik. Jika tidak cukup tidur, emosi akan memberikan efek negatif sehingga berujung ke mood swing dan mudah stress.

Menghindari pikun dan memperkuat imun

Saat tidur, tubuh kita meregenerasi banyak sel, termasuk sel dalam otak kita. Saat kita mendapatkan tidur yang cukup, otak akan lebih siap untuk bekerja dan menerima informasi keesokan harinya. Jika tidak, kita akan sulit fokus dan otak perlu waktu untuk memproses dan mengingat informasi.

Sering kita dengar saat sakit bahwa dokter selalu mengingatkan untuk tidur yang cukup. Ini disebabkan karena tidur berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Saat tidur, tubuh akan memperbaiki sel-sel yang rusak akibat paparan radikal bebas, sinar matahari dan polusi yang kita terima di siang hari.

Menjaga berat badan ideal

Orang yang kurang tidur akan lebih mudah merasa lapar, hal itu dikarenakan adanya peningkatan hormon ghrelin penyebab lapar. Berbagai penelitian pun membuktikan bahwa kurang tidur bisa mengganggu keseimbangan hormon yang mengatur nafsu makan, yaitu hormon ghrelin tadi.

Kesimpulan

Setelah banyak beraktivitas seharian memang sebaiknya kita mengistirahatkan tubuh lebih awal dan tidur dengan nyenyak. Dalam buku Why We Sleep pun menyebutkan banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari tidur selain yang Oting sebutkan di atas tadi. Pada intinya, saat merasa lelah, istirahatlah. Jangan paksakan diri untuk terus beraktivitas karena dapat menggangu kesehatan fisik dan mental kita.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi Oting dengan klik ikon WhatsApp di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: