Alasan Kita Harus Menghindari Makanan Snack

Halo BosBis! Assalamualaikum! Kali ini Oting akan memberikan alasan kenapa kita harus mulai mengurangi atau menghindari makan makanan snack. Makanan ringan atau snack memang beragam jenisnya dengan bermacam rasa yang dapat dipilih dan tentunya jadi pilihan pas untuk dinikmati sambil menonton film. Tapi, perlu diketahui, makanan ringan berbahaya untuk kesehatan.

Bahan yang terkandung dalam makanan ringan kemasan

Makanan ringan pada serangkaian prosesnya telah ditambahkan berbagai bahan seperti garam, gula, lemak serta zat aditif. Bahan-bahan ini jika dikonsumsi berlebih akan menimbulkan berbagai penyakit. Meski saat tahapan produksi mendapat penambahan serat, vitamin dan mineral, kandungan alami pada makanan tersebut akan berkurang. Dan hal itu tidak akan mampu menggantikan zat gizi dari makanan segar.

Bahayanya makanan ringan

Karena proses penambahan garam, gula, lemak serta zat aditif tadi. Makanan ringan jadi sangat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Berikut ini bahaya yang akan ditimbulkan dari makanan ringan.

  1. Obesitas : Makanan ringan bisa membuat kamu makan lebih banyak yang dibutuhkan karena rasanya yang lezat, dan hal ini bisa meningkatkan lemak dalam tubuh secara perlahan.
  2. Diabetes : Salah satu bahan tambahan yang ditambahkan dalam makanan ringan yang perlu diwaspadai adalah pemanis buatan. Pemanis buatan inilah yang menjadi penyebab diabetes.
  3. Penyakit kardiovaskular : Kandungan gula, garam dan lemak yang tinggi akan sangat berbahaya karena dapat menimbulkan hipertensi, kolesterol, dan risiko penyakit jantung.
  4. Paparan zat kimia berbahaya : Bahaya makanan ringan bisa juga berasal dari kemasannya. Bahan kimia pada kemasan bisa menjadi penyebab kanker.

Kesimpulan

Bukan berarti makan makanan ringan itu tidak boleh ya BosBis. Hanya saja, konsumsinya harus dikurangi seminimal mungkin mengingat banyaknya bahaya bagi kesehatan tubuh yang bisa saja ditimbulkan oleh makanan ringan tersebut. BosBis bisa mulai mengganti makanan ringan dengan buah-buahan. Selain lebih sehat, buah-buahan juga mengandung mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jadi itulah alasan kenapa kita harus menghindari makanan ringan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi BosBis semua. Jika ada pertanyaan,silahkan hubungi Oting.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: