Apa Itu Proforma Invoice, dan Apakah Menggunakan Materai?

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Dalam transaksi jual beli, kita sudah tidak asing lagi dengan dokumen bernama invoice dan faktur. Namun ada satu hal lagi, yaitu proforma invoice. Proforma Invoice adalah salah satu dokumen penting dalam transaksi jual beli. Proforma Invoice dikeluarkan sebagai pengganti faktur saat terjadi transaksi yang memerlukan uang muka. Dengan kata lain dokumen ini digunakan sebagai bukti proposal bahwa terjadi transaksi pembelian dengan pengiriman barang yang bertahap. Nantinya, di akhir pengiriman barang, akan dikirimkan faktur sebagai bukti bahwa telah selesainya tahapan pengantaran barang atau jasa.

Kegunaan Proforma Invoice

Secara garis besar ada beberapa kegunaan proforma invoice yang harus diketahui oleh bos bis. Diantaranya ada di bawah ini.

  1. Faktur proforma sebagai perkiraan estimasi harga yang harus dibayar untuk melunasi tagihan.
  2. Mencatat seluruh perkiraan produk yang akan dibeli oleh konsumen atau pelanggan.
  3. Pembeli dapat memperbaiki barang atau jasa, serta nilai yang dibeli jika yang tercatat tidak sesuai dengan pesanan.
  4. Rujukan yang sah untuk memasukkan transaksi ke dalam pembukuan keuangan.
  5. Rujukan yang sah jika nantinya barang atau jasa yang tercatat akan dijual pembeli ke pihak lain.
  6. Rujukan yang sah sebagai faktur pajak untuk kasus-kasus tertentu.
  7. Rujukan jika terjadi suatu kesalahan dalam transaksi, seperti adanya kesalahan jumlah barang yang dikirimkan.

Kapan Proforma Invoice dikeluarkan

Proforma invoice dikeluarkan disaat terjadinya transaksi yang memerlukan pembayaran di muka. Penjual perlu mengeluarkan proforma invoice untuk menjamin pembiayaan pembelian tersebut sebelum menyelesaikan pesanan.

Penjual atau perusahaan juga dapat mengeluarkan faktur proforma invoice sebagai bentuk permintaan pembayaran kepada pembeli. Jika seperti ini dapat dipastikan bahwa penjualan benar terjadi. Hal ini juga menghindari pembatalan pesanan dan juga menghindari kerugian akibat pembatalan pesanan tersebut.

Apakah proforma invoice menggunakan materai

Dilansir dari web online-pajak.com dalam artikelnya yang membahas mengenai proforma invoice. Tidak ada disebutkan penggunaan materai dalam proforma invoice. Artinya, penggunaan materai tidak diwajibkan dalam transaksi ini. Karena sesuai dengan pengertiannya, proforma invoice hanya bersifat sementara sebelum faktur atau invoice yang memuat keseluruhan transaksi dikeluarkan.

Jadi itulah penjelasan mengenai pengertian, tujuan dan penggunaan materai dalam proforma invoice. Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lain dengan memasukkan kata kunci ke kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: