Apa Perbedaan Gaya Hidup Sehat Dengan Sikap Sehat?

Mungkin BosBis pernah mempertanyakan, apa sih bedanya gaya hidup sehat dengan sikap sehat? Bukankah keduanya sama saja ya? Baca penjelasannya di bawah ini sampai habis ya.

Gaya Hidup Sehat vs Sikap Sehat

Gaya hidup sehat adalah komitmen jangka panjang untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dengan melakukan beberapa hal yang bisa menjaga fungsi tubuh agar tetap bekerja dengan baik. Sedangkan sikap sehat adalah perilaku-perilaku yang harus dilakukan atas kesadaran sendiri agar mendukung hidup bersih dan sehat. Kedua hal ini berguna agar kita bisa menjaga diri sendiri dari penyakit juga bisa meningkatkan kualitas hidup. Kedua hal ini pada faktanya tidak bisa dipisahkan. Untuk hidup sehat tentu harus dibarengi dengan sikap atau perilaku yang sehat.

Gaya hidup sehat

Seperti banyak yang disinggung media, influencer maupun artikel. Hidup sehat artinya harus mulai memperhatikan makanan, berolahraga, dan kualitas istirahat. Makan makanan bergizi yang memenuhi kebutuhan tubuh sangat penting untuk dipenuhi agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit. Berolahraga bisa membantu tubuh untuk meningkatkan imunitas. Kualitas istirahat juga perlu diperhatikan agar tubuh bisa beristirahat secara maksimal dan kita bisa terhindar dari stress. Gaya hidup sehat tidak hanya membuat tubuh sehat secara fisik, tapi juga psikis.

Sikap sehat

Sikap sehat mencakup ke kegiatan seperti mencuci tangan sebelum makan, membuang sampah pada tempatnya, membersihkan kamar dan rumah, mencuci peralatan makan, dsb. Kegiatan-kegiatan ini berguna untuk menciptakan lingkungan yang bersih. Kebersihan lingkungan dapat mendukung agar kita terhindar dari penyakit. Piring kotor, kamar berdebu, sampah yang tidak dibuang, genangan air yang tidak dikuras, tentunya jika dibiarkan bisa menimbulkan penyakit karena munculnya kuman atau sumber penyakit yang tidak terlihat. Contohnya, jika kita tidak menguras genangan air secara rutin, genangan air tersebut menjadi sarang nyamuk dan nyamuk-nyamuk ini bisa saja menularkan penyakit seperti demam berdarah.

Jadi itulah penjelasan singkat mengenai perbedaan gaya hidup sehat dengan sikap sehat. Terlepas dari perbedaan ini, tentunya gaya hidup sehat harus dibarengi dengan sikap sehat. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, untuk meningkatkan kualitas hidup, keduanya ini tidak dapat dipisahkan. Semoga artikel ini dapat membantu BosBis semua. Terima kasih sudah membaca, jika ada pertanyaan, silahkan hubungi kami.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: