Apa Yang Bisa Anak Lakukan Untuk Membantu Ibu Saat Menyiapkan Makan Malam?

Halo bos bis semuanya! Assalamulaikum! Saat anak sudah semakin besar, anak akan mulai lebih merasa simpati kepada orang tuanya. Melihat ibunya tidak pernah istirahat untuk bekerja sekaligus membereskan rumah hingga larut malam akan menimbulkan rasa iba bagi anak. Anak akan mulai sedikit demi sedikit bersikap dewasa dan berpikir untuk membantu meringankan pekerjaan ibu. Tapi tidak sedikit ibu di dunia ini yang merasa bahwa pemikiran anak untuk membantu pekerjaan ibu hanya akan menghambat pekerjaan ibu. Padahal, pada kenyataannya hal itu adalah awal dari proses kemandirian anak.

Saat anak bertanya apa yang bisa dia bantu

Anak akan pelan-pelan menghampiri ibunya yang sedang di dapur dan bertanya “ibu sedang apa?”. Jawablah dengan ramah meski memang sebagian ibu akan merasa terganggu dan terkadang berucap “kamu ngapain di sini, udah sana nonton tv!”, Jawaban ramah akan membuat si anak nyaman dan melontarkan pertanyaan selanjutnya, yaitu “ada yang bisa aku bantu bu?”. Jika anak sudah melontarkan pertanyaan ini, responlah dengan baik. Respon yang baik akan membuat anak merasa nyaman dan semangat untuk membantu ibu yang sedang kelelahan urusan pekerjaan rumah.

Apa yang bisa dibantu anak?

Sebenarnya banyak hal yang bisa dibantu anak-anak sesuai dengan umurnya. Jika ia masih berumur 5th. Berikanlah suatu tugas yang ringan, seperti membersihkan meja makan dengan mengelapnya, merapikan kursi meja makan, membawakan sendok dan menatanya, dan jika piring yang digunakan merupakan piring plastik, bos bis boleh kok meminta si kecil untuk membawakannya ke meja makan.

Bos bis juga bisa membuat anak menjadi asisten dapur. Beri dia kursi duduk dan tempatkan jauh dari kompor dan tabung gas. Beri dia tugas kecil seperti membawakan garpu, sendok, spatula, mengambil garam, gula, dan sebagainya.

Dampak positif membantu ibu

Dampak positif dari kegiatan tadi adalah bos bis bisa membantu menumbuhkan rasa kemandirian anak. Jika diajarkan lebih lagi, anak nantinya akan mulai terbiasa untuk membereskan meja setelah makan, membuang sampah makanan pada tempatnya, bahkan mencuci piring.

Jadi itulah penjelasan dan saran mengenai apa yang bisa dilakukan anak untuk membantu menyiapkan makan malam. Terima kasih sudah membaca hingga akhir, dan semoga tutorial kali ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis bisa cari tutorial dan artikel lainnya dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian website tongbos.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: