Apa yang harus dilakukan orang tua dalam pendampingan belajar anak?

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Selain tenaga pengajar di sekolah, orang tua punya peran penting dalam mendampingi anak belajar. Orang tua diharuskan mendampingi anak belajar agar anak termotivasi untuk belajar di rumah. Mungkin akan sulit bagi orang tua yang bekerja, tapi tidak menutup kemungkinan untuk tetap bisa mendampingi anak belajar.

Di bawah ini oting akan memberikan beberapa tips yang sudah oting rangkum dari berbagai sumber.

1. Membuat jadwal

Membuat jadwal akan membantu bos bis dalam mengatur waktu. Buat jadwal kapan anak harus belajar dan kapan harus bermain dan tentukan juga jam tidur anak. Hal ini berguna agar anak dapat tetap mendapatkan haknya untuk bermain, melaksanakan kewajibannya untuk belajar dan tetap bisa beristirahat dengan baik. Orang tua juga bisa lebih mengatur waktu lagi agar tetap bisa mengerjakan semua pekerjaan termasuk mendampingi anak belajar.

2. Menciptakan komunikasi positif

Komunikasi yang positif dapat membuat anak tetap menjadi anak yang ceria dan mudah termotivasi. Jika orang tua lebih banyak mengeluarkan komunikasi negatif, dikhawatirkan membuat anak merasa belajar itu adalah hukuman baginya. Ciptakan juga suasana yang kondusif agar pendampingan belajar lebih menyenangkan dan tidak membuat anak stress.

3. Mengingatkan waktu kepada anak

Di pikiran anak, bermain adalah dunianya. Maka, makan, tidur, dan belajar merupakan sebuah kegiatan yang membosankan. Tapi, karena hal tersebut tetaplah harus dilakukan, peran orang tua adalah dengan mengingatkan waktu-waktu tersebut. Buat batasan bagi anak jika anak memang perlu toleransi waktu, misalnya “oke, bunda kasih kamu waktu 10 menit lagi untuk main ya, setelah itu waktunya kamu makan”. Dengan ini anak akan belajar bahwa ada hal-hal di luar bermain yang harus dia lakukan.

4. Menciptakan ide kegiatan kreatif

Seperti yang bos bis ketahui, agar anak dapat lebih mudah duduk diam dan fokus, orang tua harus lebih kreatif untuk menciptakan hal tersebut. Dengan membuat ide kegiatan kreatif dalam mendampingi belajar, anak akan merasa bahwa belajar itu menyenangkan.

5. Introspeksi

Ada seorang bijak berkata, orang tua yang baik adalah orang tua yang mampu belajar hal baik dari anaknya. Di sinilah peran orang tua diuji. Tidak selamanya orang tua selalu benar, sepintar apapun dan setinggi apapun kedudukan orang tua. Orang tua bisa introspeksi diri saat mungkin anak sedang merasa bahwa belajar tidak menyenangkan dan malah membuat bos bis kesal.

Jadi itulah sedikit penjelasan mengenai tips saat orang tua harus mendampingi anak belajar. Terima kasih sudah membaca hingga akhir, dan semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan, bos bis bisa kirimkan melalui chat whatsapp dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa lihat artikel tutorial dan lainnya dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: