Apakah Diet Itu Sehat Atau Sebaliknya?

Halo BosBis semuanya! Assalamualaikum! Diet memang selalu jadi bahan perbincangan dikalangan kaum hawa. Mereka berlomba dan menggaungkan diet setiap hari demi mendapatkan badan ideal. Namun, apakah diet yang mereka maksud dapat membuat tubuh sehat atau malah sebaliknya?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, Oting akan mencoba menjelaskan tentang diet itu sendiri.

Apa itu diet?

Diet merupakan pola makan yang jenis makanan dan cara makannya diatur. Tujuan diet adalah untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh. Selain itu, diet juga memiliki tujuan untuk mencapai berat badan yang ideal dan menjaga berat badan agar selalu terkontrol.

Dua program diet yang sering diikuti wanita

Sebenarnya ada dua program diet yang sering diikuti wanita. Yang pertama ada diet cepat, dan kedua ada diet sehat. Diet cepat adalah program diet yang pada prosesnya mempunya target dalam penurunan berat badan selama periode tertentu, yang tentunya secara cepat dan dengan aturan pola makan yang ketat. Sedangkah diet sehat adalah program diet yang dalam penerapannya harus menerapkan pola hidup sehat. Meski memang penurunan berat badannya tidak akan secepat program diet cepat, namun, perubahan pola makan untuk diet sehat akan cenderung lebih mudah dipertahankan.

Diet cepat

Diet cepat pada awalnya akan terasa menyiksa diri sendiri karena perubahan pola makan yang berubah drastis. Diet cepat yang terkenal adalah intermittent fasting, di mana diet ini akan lebih memfokuskan pada pembatasan waktu makan, bukan apa yang dimakan. Sedangkan diet cepat lain seperti diet kalori, memfokuskan dengan mengurangi jumlah asupan kalori yang masuk ke tubuh secara drastis. Meski diet cepat ini memang lebih cepat menurunkan berat badan, tapi pada prakteknya, diet ini memiliki risiko efek samping. Seperti; sakit kepala, kelelahan, sembelit, rambut rontoh, menstruasi tidak teratur, hingga ke perubahan emosi yang signifikan.

Diet sehat

Diet sehat sangat berbeda dengan diet cepat. Diet sehat memang tidak menjanjikan penurunan berat badan secara cepat tapi jika dilakukan, berat badan akan turun secara bertahap, lambat tapi pasti dan tanpa efek samping. Diet sehat lebih mengutamakan pola makan dan pola hidup sehat, seperti;

  • Makan makanan sehat bergizi seimbang
  • Mengurangi makanan tinggi karbohidrat
  • Meningkatkan konsumsi makanan berprotein tapi rendah lemak
  • Menghindari makanan cepar saji
  • Makan cemilan sehat
  • Banyak mengkonsumsi buah dan sayur
  • Membiasakan untuk makan makanan yang direbus atau dipanggang
  • Membiasakan diri untuk makan secara perlahan
  • Tidak bergadang atau kurang tidur
  • Minum air putih yang cukup
  • Melakukan olah raga rutin setiap hari

Jadi apa diet itu menyehatkan?

Tentu saja, jika kita memilih diet yang tepat. Jika BosBis menerapkan diet sehat, tentu saja yang akan didapatkan adalah tubuh yang sehat dan kuat. Tapi, jika BosBis menginginkan diet cepat, sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi terlebih dahulu. Karena diet yang orang lain jalani belum tentu cocok untuk kita.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir, jika ada pertanyaan silahkan hubungi Oting dengan klik ikon WhatsApp yang ada di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: