Bacaan Yang Tepat Untuk Anak Yang Baru Belajar Membaca

Halo BosBis semuanya! Assalamualaikum! Mengetahui anak menjadi senang membaca dan meminta buku bacaan adalah sebuah kesenangan tersendiri bagi orang tua. Tugas orang tua selanjutnya adalah mendukungnya dengan sepenuh hati dalam memenuhi hasrat membacanya agar minat membaca tersebut tidak hilang. Namun, sebelum memilihkan buku bacaan ada kalanya kita harus tahu dulu topik bacaan yang disukai anak. Ini dimaksudkan agar anak tidak merasa bosan terhadap buku bacaannya sehingga membuatnya meninggalkan hobi membacanya.

Di bawah ini Oting akan coba menjelaskan tips memilih bacaan yang tepat untuk anak yang baru belajar membaca.

1. Buku dengan cerita sederhana

Pilihlah buku dengan cerita sederhana yang memuat kehidupan sehari-hari. Seperti, membantu ibu membereskan tempat tidur, bermain bola bersama teman, membantu teman, menjaga lingkungan, dan lain sebagainya. Topik seperti ini bisa membuat anak berusaha untuk mempraktikkan yang ada di dalam cerita dalam kehidupannya sehari-hari. Selain itu, cerita sederhana biasanya tidak memuat banyak kosakata yang sulit. Setiap halamannya, bisa saja hanya memuat 2-3 kalimat saja.

2. Buku dengan ilustrasi

Anak-anak selalu menyukai gambar yang berwarna-warni. Gambar yang berwarna-warni dapat membantu imajinasinya saat membaca buku dan membuat anak betah berlama-lama membaca buku. Untuk itu, dibandingkan buku dengan ilustrasi yang hanya memuat warna hitam dan putih, pilihlah buku dengan ilustrasi yang memiliki banyak warna.

3. Pilih buku dengan tema yang tepat

Setelah kita menentukan cerita sederhana apa yang akan dipilih dengan buku yang penuh dengan ilustrasi dan warna, saat menentukan tema keseluruhan dari buku tersebut. Ada 2 tema yang biasanya diangkat dalam buku anak. Tema hewan atau fabel dan tema manusia. Kedua tema ini memang memiliki cerita sederhana yang sama, seperti membantu ibu merapikan kamar tidur. Namun, memiliki tokoh yang berbeda, tokoh hewan dan tokoh manusia.

Untuk menentukannya, BosBis bisa langsung meminta anak untuk memilih mana yang mereka sukai. Buku cerita dengan tokoh hewan atau tokoh manusia.

4. Pilih bentuk atau jenis buku yang tepat

Anak-anak biasanya tidak hanya akan sekali membaca bukunya. Apalagi, jika anak sangat menyukai buku bacaannya. Untuk itu, pilihlah jenis buku board book yang pada umumnya dibuat dari kertas tebal seperti papan yang tidak mudah sobek. Buku jenis ini tidak akan mudah rusak saat digenggam oleh si kecil.

Jadi itulah keempat tips dalam memilih buku bacaan yang tepat untuk anak. Mulai dari memilih cerita, sampai ke memilih jenis buku yang tepat. Semoga tips ini bermanfaat bagi BosBis semua.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir, jika BosBis masih memiliki pertanyaan silahkan hubungi Oting dengan klik ikon WhatsApp yang ada di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: