Bagaimana Awal Mula Diciptakan Parfum?

Halo BosBis semua! Assalamualaikum! Seperti yang kita tahu, parfum menjadi sebuah alat untuk menciptakan kenyamanan saat kita bersosialisasi, menyembunyikan bau tidak sedap dan meningkatkan kepercayaan diri. Tapi, tahukah BosBis bagaimana awal mula diciptakannya parfum? Berikutnya, Oting akan menjelaskan sedikit mengenai sejarah awal mula parfum sampai sekarang menjadi tren kecantikan dunia.

Parfum, setetes keringat dewa Ra sampai atribut suci upacara keagamaan

Taputti, seorang kimiawan asal Mesopotamia menjadi pencipta parfum pertama kali di dunia. Taputti menciptakan parfum pertamanya dengan mur, minyak dan bunga di Babylonian Mesopotamia. Hampir 4000 tahun yang lalu, orang-orang Mesir menggunakan wewangian untuk upacara keagamaan, persiapan pemakaman, hingga untuk dipakai sehari-hari. Wewangian dianggap keringat dewa Ra, sang dewa matahari, dan karena itulah wewangian dianggap sebagai atribut suci. Bahkan, orang Mesir memiliki dewa parfum yang bernama Nefertum. Nefertum digambarkan mengenakan gaun kepala yang terbuat dari bunga lili air, yang merupakan salah satu bahan parfum yang paling umum digunakan saat ini. Orang Persia juga dikenal mengagumi parfum, dan mereka menggunakan parfum sebagai simbol status politik. Ketika Yunani dan Romawi mengambil alih Persia pada abad ke-11 dan mengenal parfum, perlahan parfum menyebar ke seluruh dunia dan saat datang ke Paris, parfum tumbuh secara komersial dan berkembang menjadi industri yang besar.

Ratu Caterina dan Rene, Abad ke-16

Pada abad ke-16, Ratu Perancis, Caterina meminta salah satu ilmuwan terbaiknya untuk merancang parfum untuknya. Ratu Caterina ingin membuat parfum lantaran ingin menutupi permasalahan bau badannya. Pada jaman dahulu, memang banyak bangsawan Eropa yang jarang mandi atau malah tidak sama sekali. Oleh karena itu, dengan permasalahan yang dihadapinya pula, Ratu Caterina meminta Rene, ilmuwan terbaiknya, untuk membuatkan parfum untuknya secara rahasia. Bahkan Ratu Caterina membuatkan laboratorium yang memiliki akses khusus menuju ruangan kerja Ratu Caterina.

Parfum jaman sekarang

Berdasarkan sejarah awal mula kedatangan Yunani dan Romawi ke Persia sehingga berakhir menyebarkan parfum ke Paris, dan juga sejarah Ratu Caterina, tidak heran hal itu menjadikan Perancis sebagai penghasil parfum terbaik di dunia. Prancis menghasilkan parfum dengan berbagai wewangian dan dengan berbagai bentuk botol yang cantik. Mulai dari menggunakan botol kaca hingga menggunakan botol plastik. Jika dulu parfum digunakan hanya untuk atribut suci kemudian berkembang jadi digunakan hanya oleh para bangsawan, sekarang semakin berkembang menjadi lebih komersial. Semua orang bisa membeli parfum tanpa memandang status bangsawan atau bukan dengan tujuan yang bermacam-macam.

Itulah BosBis sedikit sejarah perkembangan parfum dunia, dari awal mula diciptakan hingga sekarang berada di tangan kita. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan BosBis semua, jika BosBis masih memiliki pertanyaan, silahkan hubungi Oting dengan klik ikon WhatsApp di bawah.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: