Bagaimana Cara Berkomunikasi Yang Baik dan Benar Ketika Berlibur Di Tempat Asing?

Tempat asing di sini saya artikan sebagai tempat di luar radius lingkungan tempat tinggal. Jadi bisa saja masih dalam satu kota tapi jaraknya sudah lebih dari 10km ya. Jadi mari saya coba jelaskan bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar.

Pahami budaya dan aturan di tempat tersebut

Memahami budaya dan aturan saat kita berada di tempat asing sangat perlu dilakukan. Dengan begini, kita bisa tahu bagaimana harus bertutur kata dan bersikap. Hal ini bisa meningkatkan komunikasi kita dengan warga sekitar saat sedang berlibur ke suatu tempat. Contohnya mungkin seperti ini, saat di rumah kita cenderung cuek untuk menyapa tetangga, tapi saat berlibur ke suatu tempat dan tempat tersebut punya budaya menyapa tetangga, kita juga harus melakukan hal yang sama meski hanya mengatakan “Permisi” saat sedang berjalan melewati mereka.

Jadilah pendengar yang baik dan pahami dengan siapa kamu berbicara

Menjadi pendengar yang baik adalah skill utama yang harus ditingkatkan dalam berkomunikasi. Dengan ini kamu bisa mendengarkan apa yang lawan bicara katakan dan bisa memberikan tanggapan yang baik kepada lawan bicara. Memahami kepada siapa kamu berbicara juga dapat membantumu saat berkomunikasi. Tentu bahasa yang digunakan berbeda-beda saat kita menghadapi orang yang berbeda. Dengan begini, lawan bicaramu tentu akan merasa dihargai.

Tetap rendah hati dan selalu tersenyum

Saat berlibur di tempat asing, kita harus selalu bisa memelihara diri sendiri dari ancaman yang tidak terlihat. Karena kita mungkin tidak terlalu mengenal tempat yang sedang kita kunjungi. Dengan tetap bersikap rendah hati dan selalu tersenyum, kita bisa meminimalisir resiko dibenci orang asing. Harapannya agar kita bisa pulang ke rumah dengan selamat dan utuh dan tentunya memberikan kesan yang baik kepada warga di tempat asing tersebut.

Penutup

Pernah saya mendengar, komunikasi yang baik akan menciptakan hubungan yang baik pula. Untuk itu, skill berkomunikasi memang harus selalu ditingkatkan. Semoga beberapa saran diatas bisa menjadi solusi saat BosBis berlibur di tempat asing.

Terima kasih sudah membaca dan jika ada pertanyaan silahkan hubungi kami.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: