Bagaimana cara fokus belajar di rumah walaupun diganggu adek?

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Saat diberlakukannya belajar daring atau belajar online dari rumah, memang banyak kendala yang harus dihadapi oleh para murid. Salah satunya adalah harus tetap bisa fokus meskipun suasana rumah yang sudah pasti membuat tidak fokus. Hal ini selain menjadi tantangan besar bagi murid itu sendiri, juga menjadi tantangan bagi para orang tua. Dimana orang tua harus tetap berpikir kreatif agar anak tidak terdistraksi dengan lingkungan rumah dan tetap bisa fokus belajar. Akan lebih sulit jika ditambah memiliki adek yang usil dengan kakaknya. Orang tua harus lebih ekstra sabar dan ekstra waspada demi si kakak yang sedang belajar.

Tidak hanya karena belajar daring saja, terkadang belajar di rumah seperti biasa pun akan menyulitkan jika memiliki adek yang usil. Si adek yang masih kecil memang belum paham bahwa kakaknya butuh ruang untuk bisa fokus. Orang tualah yang harus mengajarkan dan menciptakan ruang nyaman untuk fokus bagi kakak. Inilah beberapa tips agar murid atau kakak bisa berkonsentrasi untuk belajar di rumah.

1. Pilih tempat yang sesuai untuk belajar

Salah satu tempat yang menurut oting paling sesuai untuk belajar adalah kamar pribadi. Si kakak harus punya kamar pribadi untuk bisa fokus belajar. Tapi jika tidak memungkinkan, orang tua mungkin harus lebih mengalah dengan membiarkan kakak menguasai ruang tamu tanpa diganggu.

2. Rapikan meja belajar

Bos bis, meja dan ruang belajar yang bersih dan rapi bisa menurunkan tingkat stress dan meningkatkan konsentrasi lho. Rapikan ruang belajar dan juga meja belajar untuk lebih meningkatkan fokus dan kosentrasi kakak.

3. Hindari penggunaan gadget

Jika si kakak sudah memiliki gadget, coba diambil dulu gadgetnya bun. Gadget memang lebih mudah mendistraksi fokus seseorang. Jika gadget berada disekitar kakak, dia akan terus meliriknya dan berakhir dengan menggenggamnya. Jika sudah seperti itu, bisa kebablasan.

4. Tentukan target belajar

Menentukan target belajar juga penting lho. Misalnya hari ini harus selesai PR Matematika, selesai mengerjakan baru boleh main game. Hal itu akan memicu rasa bersaingnya. Dia akan bersaing dengan waktu dan fokusnya akan naik untuk lebih cepat mengerjakan PR Matematika.

5. Tentukan batas waktu belajar

Belajar terus menerus tanpa batas waktu juga tidak baik lho. Karena asupan otak kanan dan otak kiri harus tetap seimbang. Kakak harus tetap bermain untuk asupan otak kanannya, dan belajar untuk asupan otak kirinya. Batasi waktu belajar dan juga bermainnya untuk perkembangan otak yang lebih baik. Minta saran pada ahli akan lebih membantu bos bis.

Terima kasih sudah membaca hingga akhir, dan semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp yang ada di bawah ini. Bos bis bisa mencari artikel atau tutorial lainnya dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian di atas.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: