Bagaimana Cara Hidup Sederhana Di Masa Pandemi COVID-19?

Menjaga nafsu jadi poin utama

Hidup sederhana artinya hidup secukupnya. Berbelanja secukupnya, menabung, menghindari utang konsumtif, dan mementingkan kebutuhan pokok. Cara yang paling sederhana untuk hidup sederhana adalah dengan menjaga nafsu. Nafsu untuk belanja produk flash sale di platform belanja online, nafsu untuk pergi ke kafe hits karena iri melihat story teman, atau berutang untuk membeli gadget baru karena merasa perlu upgrade gadget.

Hal penting lain untuk dilakukan saat masa pandemi COVID-19

Pandemi covid menjadi momok bagi banyak orang. Banyak orang yang terkena PHK secara tiba-tiba karena perusahaan harus menurunkan pengeluaran akibat menurunnya pendapatan karena keadaan pasar yang juga turun. Untuk itu, kita harus menjaga pengeluaran dan menabung untuk dana darurat. Dengan menerapkan prinsip hidup sederhana dengan hanya membeli kebutuhan pokok saja, kita bisa mengurangi pengeluaran sekunder yang tidak terlalu penting. Kita juga bisa menjaga keuangan kita agar tidak sampai berutang. Tentu kita berdoa agar tidak menjadi salah satu orang yang terkena PHK, tapi tentu saja kita tidak boleh bersantai dengan tidak menjaga kesehatan keuangan kita.

Penutup

Di masa pandemi COVID-19 seperti ini, hidup sederhana sangat perlu diterapkan. Hidup sederhana bisa menjaga kita dari stress karena mampu mensyukuri hidup apa adanya. Manfaatnya bisa dirasakan jangka panjang jika kita mampu menerapkannya dengan baik. Nafsu diri jadi terkontrol dengan baik, lebih bisa memilah milih mana yang menjadi prioritas, dan tentu keuangan kita juga akan bisa terjaga dengan baik.

NB: Tertarik dengan topik gaya hidup? Yuk, mengobrol dengan kami!

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: