Bagaimana cara hidup sehat dalam memerangi COVID 19 menurut Protokol kesehatan?

Protokol kesehatan 5 M

Protokol kesehatan untuk memerangi COVID-19 seperti yang kita sudah tahu adalah dengan menerapkan 5 M. 5 M ini artinya; Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas.

1. Mencuci Tangan

Kita seringkali diajarkan untuk mencuci tangan sebelum makan bahkan jauh sebelum pandemi merebak. Namun, di saat pandemi seperti ini, mencuci tangan tidak hanya diperlukan saat sebelum makan saja. Mencuci tangan harus dilakukan sesering mungkin, dan harus menggunakan air mengalir bukan hanya memakai tissue basah. Terutama dalam kondisi seperti, setelah menggunakan toilet, setelah menutup hidung saat batuk/bersin, dan setelah beraktivitas di luar ruangan.

2. Memakai masker

Dari dulu masker digunakan jika kita sedang sakit flu karena kita tentu tidak ingin menularkan kepada orang lain. Tapi di masa pandemi ini, masker menjadi barang yang wajib dipakai saat berpergian. Kita tidak pernah tahu apakah orang yang kita temui terjangkit virus atau tidak, atau malah kita yang sebenarnya membawa virus? Untuk itu, memakai masker menjadi sebuah hal wajib saat beraktivitas di luar ruangan.

3. Menjaga jarak

Menurut kemenkes RI, setiap orang wajib menjaga jarak setidaknya sejauh 1 meter. Hal ini berguna agar mencegah kita dari paparan droplets orang yang sedang batuk, bersin atau bicara. Kita juga diharapkan untuk tidak berdesak-desakan, misalnya; saat membeli makanan atau saat naik kendaraan umum. Contoh kasus yang sering berdesakan adalah saat naik KRL. Bagi pengguna KRL, mungkin sebaiknya kita mulai berangkat lebih pagi dan pulang lebih sore agar terhindar dari berdesakan di dalam kereta.

4. Menjauhi kerumunan

Jika sebelum pandemi kita seringkali datang ke acara musik, cosplay, atau bahkan melihat perayaan barongsai di mall. Saat pandemi sebaiknya kita menghindari acara yang berpotensi berkerumun seperti itu. Hal ini juga menjadi konsentrasi kemenkes RI dalam menanggulangi COVID-19, agar tidak banyak korban yang terpapar.

5. Mengurangi Mobilitas

Virus COVID-19 ini ada dimana-mana dan tidak terlihat. Berada di rumah menjadi tempat paling aman karena kebersihannya sudah kita jamin sendiri. Keluarlah seperluny. Karena semakin sering kamu menghabiskan waktu di luar rumah, maka semakin tinggi pula risiko tubuh terpapar virus ini.

Kesimpulan

Terapkanlah protokol 5 M ini tanpa kendor. Menjaga tubuh agar tetap sehat adalah prioritas utama di masa pandemi seperti ini. Jangan takut bosan di rumah. Kamu bisa berbelanja menggunakan aplikasi online jika dibutuhkan, kamu juga bisa mencari hiburan dengan menonton film atau bermain game. Sekarang sudah banyak platform hiburan untuk menonton dengan harga yang terjangkau, dan sudah banyak pula game online menarik yang bisa kamu mainkan.

NB: Tertarik dengan topik gaya hidup? Yuk, mengobrol dengan kami!

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: