Berinvestasi Di Reksadana Cocok Untuk Pemula

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Saat ini banyak sekali influencer, konsultan keuangan, bahkan artis seperti Raditya Dika saja mempromosikan untuk mulai berinvestasi. Banyak juga buku-buku yang bertemakan keuangan selalu menyebutkan untuk mulai berinvestasi. Contohnya, buku Psychology of money. Dikatakan bahwa berinvestasi dapat membuat kita kaya dibandingkan dengan hanya menabungnya di Bank. Salah satu yang disarankan untuk investor pemula adalah Reksadana.

Apa itu Reksadana?

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum bernama Manajer Investasi. Manajer investasi inilah yang akan menginvestasikan dana yang sudah terhimpun tadi ke dalam surat berharga seperti : saham, obligasi, dan instrumen pasar uang.

Dalam Reksadana ada 3 pilihan instrumen investasi berdasarkan resikonya. Mulai dari resiko terendah yaitu Pasar uang, Obligasi, dan Saham. Pasar uang memiliki grafik yang cenderung naik, hal itu dikarenakan inflasi pasti akan selalu naik setiap tahunnya. Obligasi memiliki grafik yang fluktuaktif namun tidak seekstrem saham. Jika suku bunga turun, obligasi akan naik. Tapi jika suku bunga naik, obligasi akan turun. Sedangkan saham memiliki tingkat resiko tinggi karena saham bisa berfluktuasi dalam jangka pendek. Hal ini disebabkan oleh kenaikan dan penuruna harga pasar saham itu sendiri.

Reksadana bisa investasi mulai dari 10.000?

Seperti yang sudah oting jelaskan di atas, Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat. Kita bisa berinvestasi mulai dari 10.000 dan memilih instrumen investasi. Jika kita tidak paham betul mengenai instrumen investasi ini, akan ada manajer investasi yang akan memilihkan untuk kita.

Inilah kenapa Reksadana cocok untuk investor pemula. Tidak perlu pusing untuk memilih instrumen, dan tidak perlu menghabiskan waktu untuk memantau pasar. Ada Manajer Investasi yang akan mengatur semua itu. Bos bis bisa mempelajari instrumen investasi sambil berjalan.

Rekomendasi aplikasi investasi Reksadana

Ada 2 aplikasi yang oting tahu dan sudah terbukti keamanan serta legalitasnya. Yang lebih penting adalah kedua perusahaan aplikasi ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Bos bis tidak perlu merasa was-was untuk menyerahkan uang bos bis ke 2 aplikasi ini. Track recordnya juga sudah terbukti positif.

Kedua aplikasi ini adalah Bareksa dan Bibit. Bos bis bisa mulai berinvestasi dari rumah hanya melalui aplikasi dengan kedua aplikasi ini.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir, dan semoga artikel kali ini bermanfaat untuk bos bis semua. Jika ada pertanyaan, bos bis bisa hubungi oting dengan klik ikon WhatsApp yang ada di bawah halaman ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lainnya dengan mengklik kolom pencarian yang berada di atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: