Bisakah Anak SD Investasi Reksadana?

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Tren investasi saat ini sangat marak di sosial media, hal ini dikarenakan banyaknya konsultan keuangan yang selalu mengatakan bahwa penting untuk mulai berinvestasi. Mulai dari anak SD sampai dewasa mulai memikirkan untuk berinvestasi. Dikatakan juga bahwa Reksadana adalah salah satu jenis investasi yang cocok untuk pemula. Tapi, apakah anak SD dan remaja di bawah 17th bisa ikut berinvestasi Reksadana?

Syarat umur minimal berinvestasi

Salah satu perusahaan Perusahaan jasa keuangan asal Amerika Serikat (AS), Fidelity menerima investor remaja dengan rentang umur 13-17 tahun. Ini artinya, remaja di sana sudah bisa mengikuti jejaknya Warren Buffet, sang bapak investasi dunia.

Tapi, berbeda dengan Indonesia. Melihat persyaratan dari beberapa perusahaan Reksadana yang oting baca. Semuanya memiliki syarat umur minimal 18 tahun, atau dengan kata lain sudah memiliki kartu identitas yang sah (KTP). Karena pada saat pembuatan akun, KTP ini diperlukan sebagai syarat utama.

Investasi bisa diwakilkan?

Sebenarnya tidak bisa. Tapi jika diwakilkan oleh wali yang sah atau orang tuanya, tentu saja bisa. Bos bis cilik bisa meminjam KTP wali atau orang tua untuk membuat akun Reksadana. Tapi perlu diingat, ini menyangkut uang, jadi sebaiknya berhati-hati saat meminjam KTP. Karena akun Reksadana akan tertulis dengan nama pemilik KTP yang didaftarkan.

Saran terkait investasi

Reksadana memang memiliki kelebihan bunga return yang tinggi, harga pembelian yang murah, dan risiko yang kecil. Namun, oting menyarankan untuk bos bis cilik yang akan berinvestasi di Reksadana, akan lebih baik jika bos bis cilik menunggu beberapa tahun lagi sampai mendapatkan KTP di usia 17-18 tahun. Selama menunggu, bos bis cilik bisa menabung di bank meskipun untuk bunga return tidak akan setinggi Reksadana.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir, dan semoga artikel kali ini bermanfaat untuk bos bis semua. Jika ada pertanyaan, bos bis bisa hubungi oting dengan klik ikon WhatsApp yang ada di bawah halaman ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lainnya dengan mengklik kolom pencarian yang berada di atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: