>

Bongkar Isi Regulator Gas Kenmaster

Bongkar Isi Regulator Gas Kenmaster

Halo BosBis semuanya! Assalamualaikum! BosBis pernah merasa penasaran tidak apa sih isi dari regulator gas? Regulator gas adalah sebuah alat untuk mengontrol tekanan gas dari tabung gas menuju ke kompor gas. Regulator ini juga menjadi alat pengaman agar tidak terjadi kebocoran gas dan menyebabkan kebakaran. Regulator gas ini dijual oleh berbagai macam merk, dan yang kali ini akan dibongkar adalah regulator gas merk Kenmaster.

Regulator gas merk Kenmaster ini memang tidak cukup awet jika dibanding kan regulator gas winngass. Untuk itu, di sini Oting akan memaparkan temuan yang ada di dalam regulator gas Kenmaster tersebut. Sekedar iseng dan penasaran sebenarnya seperti apa sih dalamnya si regulator gas ini. Yuk kita langsung saja.

Persiapan

Sebagai persiapan untuk membongkar regulator gas, sudah disiapkan perkakas kecil seperti obeng, palu, satu set obeng kecil dan juga tang kecil. Dan tentunya sebuah regulator gas rusak. Regulator gas ini cukup mahal ya BosBis, untuk dipilih yang memang sudah rusak dan sudah tidak mungkin dipakai.

Persiapan bongkar regulator gas
Persiapan bongkar regulator gas

Tahap 1, bongkar barometer

Barometer adalah alat pengukur tekanan gas. Digunakan sebagai penanda untuk melihat apakah gas masih ada atau tidak. Jika garis barometer sudah ke angka kecil atau ke warna merah, artinya sudah tidak terdeteksi tekanan gas atau gas sudah habis. Membongkar regulator gas ini cukup memakan waktu, karena setelah 10 menit hanya bisa membongkar barometernya saja. Setelah dilihat ternyata barometer ini termasuk jenis barometer sederhana yang digunakan untuk mengukur tekanan gas.

Bongkar barometer
Bongkar barometer

Tahap 2, membongkar tempurung

Pada tahap 2, yang berhasil dibongkar hanya tempurungnya saja. Di dalamnya ada ruang kosong untuk menampung gas. Besi menonjol yang ada di dalam tempurung regulator ini berfungsi sebagai masukan dan pipa kecil disamping berfungsi untuk keluaran gas.

Membongkar tempurung regulator gas
Membongkar tempurung regulator gas

Tidak berhasil membongkar semua regulator

Sudah dicoba untuk membongkar keseluruhan tapi besi penutup atau case regulator ini dibuat sangat kuat dan sulit sekali dibongkar. Sebenarnya tidak mengherankan karena regulator gas memang perlu dibuat sesolid dan seaman mungkin. Jika tidak dibuat seperti itu, kasus kebocoran gas yang membahayakan hingga kebakaran karena gas bisa terjadi dan bahkan bisa saja tabung gas meledak. Untuk itu regulator harus dibuat sesolid dan seaman mungkin agar dapat menahan tekanan gas yang cukup tinggi.

Jadi itu saja BosBis yang bisa Oting sampaikan, dan terima kasih sudah membaca. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi Oting dengan klik ikon WhatsApp yang ada di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: ,