Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak Saat Hidung Tersumbat

Halo BosBis semuanya! Assalamualaikum! Saat melihat bayi pilek ada rasa kekhawatiran bagi ibu karena bayi akan menunjukkan rasa tidak nyaman saat tertidur dan juga bisa mengurangi nafsu makan. Meski memang mengkhawatirkan, gejala pilek pada bayi seperti hidung tersumbat karena adanya lendir di dalam hidung merupakan keadaan yang sangat umum. Sistem kekebalan tubuh pada bayi memang masih berkembang, jadi wajar jika bayi sering mengalami pilek.

BosBis tidak perlu terlalu khawatir, Oting di sini akan mencoba menjelaskan 5 cara untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi agar bayi tetap bisa tertidur dengan nyenyak. Kelima cara ini Oting ambil dari laman website salah satu rumah sakit di Indonesia

1. Buang ingus dari hidung

Cara pertama yang bisa BosBis lakukan adalah dengan mengeluarkan dan membuang ingus yang ada pada hidung. Jika bayi berusia di bawah 6 bulan, coba teteskan beberapa tetes air garam ke setiap masing-masing lubang hidung, jangan terlalu banyak, hanya beberapa tetes saja. Jika dirasa ragu untuk meneteskan air garam, BosBis bisa coba alat penyedot ingus. Alat penyedot ini akan lebih membuat nyaman bayi meski mungkin akan membuat bayi rewel untuk usia bayi yang lebih besar.

2. Menghilangkan ingus yang sudah mengeras

Salah satu penyebab tersumbatnya hidung adalah lendir yang mengeras. Bersihkan hidung bayi dengan kapas dan air hangat. Bisa juga menggunakan cotton bud, namun hati-hatilah saat menggunakannya. Jangan sampai terlalu memasukkan cotton bud terlalu dalam.

3. Duduk di kamar mandi yang hangat

Jika memang BosBis tidak memiliki humidifier, BosBis bisa coba duduk di kamar mandi hangat bersama bayi selama beberapa menit.

4. Jaga bayi agar tetap terhidrasi

Pastikan bayi mendapatkan asupan minum dan ASI yang cukup. Jika bayi enggan menyusu, bersihkan terlebih dahulu hidung bayi dan kembali coba memberinya ASI. Bayi yang terhidrasi dengan baik akan mengurangi hidung tersumbat dan lendir di hidungnya.

5. Pastikan bayi cukup beristirahat

Ajak bayi untuk bermain hingga dia merasa capek dan mengantuk. Dengan begitu, BosBis bisa menidurkan bayi dan menjaga bayi agar tetap tertidur dengan nyaman. Jangan lupa untuk membersihkan hidung bayi agar aliran udara tidak tersumbat.

Jadi itulah 5 cara agar bayi tetap bisa tidur nyenyak saat hidung tersumbat. Terima kasih sudah membaca, dan jika ada pertanyaan silahkan hubungi Oting dengan klik ikon WhatsApp yang ada di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: