Cara Agar Bisa Konsentrasi Belajar

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Konsentrasi sangat dibutuhkan saat anak sedang belajar. Dengan ia berkonsentrasi pada pelajarannya, ia akan lebih mudah menyerap apa yang ia baca dan ia pelajari. Anak juga tidak akan mudah stress karena tidak bisa memahami pelajaran yang ia sedang pelajari. Konsentrasi membantunya untuk menghindari hal itu. Dengan konsentrasi yang tinggi, waktu belajar anak juga tidak akan lama, karena ia akan lebih cepat menyerap informasi. Untuk tetap mempertahankan konsentrasi, ada beberapa tips yang oting kutip dari berbagai sumber. Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

1. Tentukan tempat belajar yang nyaman

Belajar yang efektif memerlukan konsentrasi yang tinggi. Konsentrasi tinggi ini tentu tidak akan mudah didapatkan jika lingkungan sekitar ramai dan banyak gangguan. Seperti, ramai karena mungkin kakak dan adiknya sedang bermain sambil berteriak, atau mungkin karena benar-benar diganggu oleh adik dan kakaknya. Ciptakan tempat belajar yang hening dan nyaman agar konsentrasi tidak mudah buyar. Bisa di kamar terpisah atau mungkin mengajak saudara yang lain untuk bermain di luar rumah. Perhatikan juga pencahayaan dalam ruangan. Cahaya yang redup akan membuat mata lebih lelah karena harus bekerja ekstra agar bisa membaca buku yang sedang dipelajari.

2. Rapikan ruangan belajar

Ruangan yang rapi bisa menambah kenyamanan dalam belajar. Jadi, rapikan ruangan dan area belajar agar lebih menambah konsentrasi saat sedang belajar. Ruangan yang berantakan akan membuat mood tidak baik dan menurunkan tingkat konsentrasi.

3. Tentukan metode belajar

Ada banyak metode belajar yang bisa bos bis coba. Bisa dengan menulis ulang di buku, bisa dengan mengerjakan banyak soal, bisa juga dengan menulis poin penting di sticky note. Tentukan mana yang bisa menjadi metode belajar dengan cara mencobanya satu persatu lalu tanyakan pada anak manakah yang paling disukainya.

4. Tentukan batas waktu belajar

Semua hal didunia ini harus ada porsinya termasuk belajar. Meskipun anak memang menyenangi belajar sampai lupa waktu, lebih baik bos bis ingatkan. Ada waktunya untuk belajar, makan, bermain, dan juga beristirahat. Mengistirahatkan otak sangat penting agar tingkat konsentrasi dan fokusnya tetap terjaga. Otak yang lelah karena terlalu banyak belajar justru akan menurunkan tingkat konsentrasi dan fokusnya.

5. Hindari penggunaan gadget

Hindari penggunaan gadget saat sedang belajar. Jika memungkinkan, jauhkan gadget dari jangkauan anak bos bis saat sedang waktunya belajar. Notifikasi gagdet akan lebih mudah membuyarkan konsentrasinya. Karena setiap kali notifikasi itu berbunyi, anak akan selalu melirik ke arah gadgetnya dan berpikir untuk membukanya.

Jadi itulah 5 tips yang bisa oting sampaikan agar bisa lebih meningkatkan konsentrasi dalam belajar. Terima kasih sudah membaca hingga akhir, dan semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp yang ada di bawah ini. Bos bis bisa mencari artikel atau tutorial lainnya dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian di atas.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: