Cara Agar Suka Baca Buku Walaupun Sudah Lulus Kuliah atau Sekolah

Membaca buku sebenarnya bisa menjadi sarana menghilangkan stress selepas bekerja. Tapi memang kesibukan terkadang bisa membuat kita lupa membaca buku dan bisa jadi kita tidak menyentuh buku sama sekali. Bagaimana caranya agar kita tetap bisa menyukai buku?

Baca kembali buku favorit

Kamu bisa mulai dengan membongkar lemari buku kamu dan baca kembali buku favorit lama kamu. Dengan begini, kamu bisa memulai habit membaca buku kamu dengan menyenangkan. Jika habit membaca sudah terbangun, kamu akan secara otomatis mencari buku baru karena butuh asupan pengetahuan atau hiburan yang baru. Membaca buku, menjadi hobi yang menyenangkan dan menambah pengetahuan.

Ikuti komunitas pembaca buku

Sebenarnya banyak komunitas pembaca buku yang bisa kamu ikuti di instagram. Komunitas ini biasanya memiliki challenge dan jadwal diskusi buku setiap minggunya. Dengan begini kamu akan dipaksa secara menyenangkan untuk membaca buku. Selain itu, kamu juga bisa memiliki teman baca untuk mendiskusikan buku-buku yang kamu baca. Ada juga beberapa komunitas yang menyediakan hadiah setiap challenge-nya lho!

Coba tulis review buku singkat di Instagram

Menulis review bisa menjadi salah satu cara agar kamu kembali suka membaca. Saat ada orang yang menyukai postingan review kita, secara tidak langsung kita akan terdorong untuk lebih semangat membaca. Selain itu, kita juga akan merasa dihargai atas pencapaian membereskan satu buku dan selanjutnya kita akan ketagihan membaca guna membuat postingan review yang baru. Hal positif lainnya dalam membuat review adalah kita bisa melatih kemampuan ingatan kita dan melatih kemampuan komunikasi kita.

Itulah 3 cara paling efektif agar bisa kembali menyukai aktivitas membaca buku. Meski memang kita disibukkan oleh pekerjaan yang menumpuk di kantor, dengan menerapkan cara-cara di atas, semoga kita tidak lupa untuk membaca buku. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membaca. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan hubungi kami.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: