>

Cara Cancel Pesanan di Shopee Yang Sudah dikirim

Cara Cancel Pesanan di Shopee Yang Sudah dikirim

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Oting akan berbagi cara cancel pesanan di Shopee yang sudah dikirim. Bagi bos bis mungkin yang memiliki masalah saat mendapatkan paketnya. Seperti; paket rusak, paket tidak lengkap, dan hal lainnya. Bos bis bisa ajukan pengembalian dan mendapatkan dana refund dari barang yang akan bos bis kembalikan ke penjual.

Sesuai dengan yang tertera pada artikel mengenai tata cara pengembalian barang, bos bis bisa mengembalikan barang dan meminta dana refund dengan mengklik ajukan pengembalian jika terdapat masalah pada barang yang dikirim.

Tapi, untuk menggunakan fitur tersebut ada hal-hal yang harus bos bis perhatikan.

1. Pastikan barang sudah diterima

Pastikan barang atau paket sudah ada di alamat penerima atau dengan kata lain sudah bos bis terima.

2. Jangan buru-buru klik barang diterima

Salah satu syarat untuk mengajukan pengembalian barang adalah dengan tidak buru-buru mengklik barang diterima. Bos bis harus pastikan terlebih dahulu barangnya dalam keadaan baik atau tidak, dan lengkap atau tidak. Karena jika sudah terlanjur mengklik barang diterima, pengajuan pengembalian sudah tidak dapat dilakukan.

3. Buat video selama proses unboxing

Hal ketiga yang jadi hal paling penting lainnya adalah membuat video unboxing. Video unboxing inilah yang nantinya akan jadi bukti kepada penjual jika barangnya ditemukan cacat, pecah, rusak, atau tidak lengkap. Lengkapi dengan foto juga untuk nantinya di upload saat mengisi form pengajuan pengembalian.

4. Klik ajukan pengembalian

Setelah semua di cek, dan ternyata memang terdapat masalah pada paket tersebut. Bos bis klik saja pada kotak pesanan bos bis, lalu scroll ke bawah hingga menemukan tombol ajukan pengembalian. Klik pada tombol ajukan pengembalian lalu ikuti semua instruksi yang ada. Isi semua kolom form dengan jelas dan sebenar-benarnya.

Contoh kotak ajukan pengembalian
Contoh kotak ajukan pengembalian

Ada beberapa hal lagi yang harus oting sampaikan mengenai cancel pesanan ini. Memang cara ini sebenarnya untuk bos bis yang menggunakan metode non-COD, tapi untuk non COD pun sebenarnya sebaiknya dibayar dulu ke kurir, lalu diperiksa barangnya. Jika memang ada cacat, rusak, kurang jumlah, bisa ajukan pengembalian seperti yang oting tulis di atas. Sebaiknya untuk tidak langsung menolak pesanan COD karena akan merugikan pihak kurir.

Jadi itu saja yang dapat oting sampaikan di tutorial cara cancel pesanan di shopee kali ini. Terima kasih sudah membaca, dan jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: ,