>

Cara Cancel Pesanan di Tokopedia Yang Sudah Dikirim

Cara Cancel Pesanan di Tokopedia Yang Sudah Dikirim

Halo Bos Bis semuanya! Assalamualaikum! Terkadang kita berubah pikiran saat barang yang sudah kita pesan dan bahkan sudah dikirim oleh pihak penjual. Mungkin di marketplace lain ada beberapa tips dan trick untuk membatalkannya, lalu apakah di Tokopedia bisa seperti itu juga?

Apakah bisa membatalkan pesanan?

Pada dasarnya pada beberapa kasus, membatalkan pesanan itu bisa-bisa saja. Misalnya, karena salah alamat, karena salah pilih barang, karena salah kuantiti, atau bahkan ada barang yang tidak sengaja tidak terpesan. Memang semua itu salah pembeli, tapi sebenarnya masih ada kesempatan untuk membatalkannya. Bisa dibatalkan jika barang belum dikirim oleh penjual dan penjual menyetujui pembatalan.

Di Tokopedia sendiri ada beberapa kondisi untuk pembatalan pesanan. Pesanan masih dapat dibatalkan jika penjual masih belum memproses pesanan, dan pembatalan juga masih dapat dibatalkan jika pembeli belum melakukan pembayaran. Jika pesanan sudah diproses pun sebenarnya masih bisa dibatalkan, tapi harus dengan persetujuan penjual. Itu pun kita harus meyakinkan penjual untuk menyetujui proses pembatalan, jika tidak, penjual bisa menolak permintaan pembatalan kita.

Lalu apakah bisa membatalkan pesanan yang sudah dikirim?

Bisa Bos Bis lihat pada detail order, sebenarnya fitur membatalkan pesanan sudah tidak ada. Meskipun di cari di menu titik tiga pun, tetap tidak ada. Itu artinya, pesanan yang sudah dikirim tetap tidak bisa dibatalkan dalam kondisi apapun. Tapi Bos Bis masih bisa mengajukan komplain jika memang barang yang dikirim rusak atau kurang lengkap. Itu pun harus disertai dengan video unboxing sebagai bukti. Bos Bis bisa mengajukan komplain langsung ke penjual dengan fitur “ajukan komplain”. Fitur ini memang disediakan Tokopedia untuk pembeli mengajukan komplain dengan Tokopedia sebagai perantaranya.

Kesimpulan

Jadi sebagai kesimpulannya, membatalkan pesanan saat pesanan sudah dikirim apalagi sudah diterima tidak bisa ya Bos Bis. Maka dari itu, untuk menghindari kasus seperti ini lagi, pastikan Bos Bis memeriksa ulang pesanan Bos Bis mulai dari alamat, detail pesanan, pilihan kurir, dan lain sebagainya sebelum menekan tombol “buat pesanan” dan membayarnya.

Jadi itulah sedikit penjelasan tentang apakah bisa membatalkan pesanan yang sudah dikirim. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat. Jika masih ada yang ditanyakan, silahkan hubungi Oting dengan klik ikon WhatsApp yang ada di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: ,