Cara Masak Makanan Diet Sehat

Halo BosBis semuanya! Assalamualaikum! Diet merupakan langkah yang paling banyak orang lakukan untuk mencapai berat badan ideal. Tapi terkadang kita menyalahartikan bahwa diet artinya mengurangi makanan. Padahal jika seperti ini bukanlah berat badan ideal dan tubuh yang sehat yang kita dapatkan, melainkan efek samping yang ditimbulkan oleh diet yang tidak tepat tersebut. Diet sehat adalah pilihan lain yang bisa BosBis ambil untuk mendapatkan dan menjaga berat badan ideal serta mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Menurut Dewi Hughes, artis sekaligus penulis bukunya yang terkenal “Diet Kenyang” menyarankan bahwa diet itu tidak perlu membuat diri kita kelaparan dan tersiksa. Ubahlah cara masak makanan yang biasanya kita makan, dan dapatkan tubuh sehat ditambah berat badan ideal secara bertahap.

Olah makanan dengan mengukus, merebus dan memanggang

Minyak goreng adalah penyumbang lemak tak jenuh paling banyak dalam tubuh. Lemak tak jenuh inilah yang menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti; kolesterol dan memicu obesitas. Untuk itu, ubahlah cara masak menjadi dikukus, direbus atau dipanggang. Makanan yang hanya melalui satu kali proses masak lebih sehat ketimbang yang harus melalui dua hingga tiga kali proses masak. Karena, proses memasak tersebut sebenarnya mengurangi nutrisi alami pada makanan. Tapi, tidak perlu juga dimakan mentah, karena bisa saja ada bakteri yang memang hanya akan mati dalam proses memasak pada suhu tertentu.

Di dalam buku Diet Kenyang karya Dewi Hughes, beliau memaparkan cara memasak sekaligus resep untuk dipraktikkan tanpa harus mengurangi porsi makan. Seperti resep salad udangnya yang hanya perlu satu kali proses memasak, yaitu mencuci sayuran, memotongnya, dan udangnya dipanggang pada suhu tertentu tanpa menggunakan minyak dan menggunakan sedikit sekali garam. Jika dilihat, memang makanan seperti ini terkesan kurang enak karena kurang bumbu dalam proses memasaknya, tapi justru itulah yang dinamakan makanan diet sehat. Proses memasak hanya 1 kali dan minim bumbu.

5 menu makanan diet sehat yang bisa dicoba

Jika dirasa terlalu ekstrim jika hanya memakan udang tanpa bumbu, BosBis bisa coba 10 menu diet sehat yang Oting ambil dari beberapa website resep.

1. Omelete Kukus

Bahan dan proses memasaknya hampir sama dengan omelete, hanya saja proses terakhirnya bukan digoreng melainkan di kukus atau mungkin bisa dipanggang seperti memanggang schotel di oven.

2. Dada Filet Ayam Kukus

Dada ayam adalah sumber protein yang tinggi. BosBis bisa memotongnya kecil-kecil atau mengirisnya lalu menaburinya dengan sedikit garam dan merica. Seperti omelete, jika dirasa mengukusnya kurang nendang, BosBis bisa memanggangnya di teflon.

3. Sayuran rebus atau kukus

Wortel, buncis, dan jagung adalah perpaduan yang tepat saat membuat sayuran rebus. Karena ketiganya punya rasa yang manis setelah direbus. BosBis juga bisa memvariasikannya dengan sayuran lain agar tidak bosan atau membuatnya jadi salad dengan memadukan sayuran yang bisa dimakan mentah dengan sayuran yang harus direbus seperti wortel, buncis, dan jagung.

4. Sup ayam sayuran

Sup bening adalah menu paling simpel yang bisa BosBis buat untuk menu sajian berkuah. Masukan berbagai sayuran seperti kubis, wortel, kentang, buncis, dan juga potongan ayam kecil-kecil.

5. Ikan bakar

Ikan adalah bahan lauk paling terjangkau, harganya murah dan juga bisa dipakai untuk menu diet sehat. Panggang atau bakar ikan menggunakan kecap dalam prosesnya untuk mendapatkan lauk yang lezat dan sehat.

Jadi itulah BosBis cara masak makanan diet sehat sekaligus 5 resep yang bisa BosBis praktikkan di rumah untuk mulai menu diet sehat sehari-hari. Semoga bermanfaat, dan terima kasih sudah membaca. Jika BosBis memiliki pertanyaan, silahkan klik link WhatsApp yang ada di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: