>

Cara Membagikan link Google Classroom ke Wa

Cara Membagikan link Google Classroom ke Wa

Halo BosBis semuanya! Assalamualaikum! Meski pandemi sudah berubah menjadi edemi, tapi kegiatan belajar mengajar, terkadang masih dilakukan via online karena satu dan lain hal. Bagi beberapa orang yang baru saja menggunakan Google classroom, sesederhana membagikan link bisa menjadi sebuah masalah besar. Di sini Oting akan menyajikan solusi tersebut dengan menuliskan tutorial bagaimana caranya membagikan link Google classroom ke WhatsApp. Hal ini berguna bagi para pengajar agar anak didiknya dapat langsung mengakses Google classroom melalui link tersebut. Cukup sederhana dan tidak menyita waktu jika menggunakan cara ini.

Ada 2 cara membagikan link Google Classroom yang akan Oting tuliskan di bawah ini. Yuk kita langsung saja ke tutorial membagikan link Google Classroom ke WhatsApp.

Pertama, melalui beranda Google Classroom

1. Buka aplikasi Google classroom

2. Klik titik tiga di pojok kanan atas kelas

Jika ada dua kelas seperti yang terlihat pada contoh, BosBis bisa klik titik tiga di kelas yang link-nya mau BosBis bagikan.

Klik titik tiga
Klik titik tiga

3. Klik bagikan link undangan

Klik bagikan link undangan
Klik bagikan link undangan

4. Pilih WhatsApp

Sebenarnya banyak opsi saat memilih ini, tapi karena tutorial kali ini membagikan ke WhatsApp jadi akan lebih mudah jika langsung mengklik WhatsApp. Selanjutnya, BosBis akan diarahkan ke aplikasi WhatsApp dan link bisa langsung dikirimkan ke kontak ataupun grup.

Pilih WhatsApp
Pilih WhatsApp

Kedua, melalui pengaturan Google Classroom

1. Klik pada kelas

Klik pada kelas yang akan BosBis bagikan link-nya.

Klik pada kelas
Klik pada kelas

2. Klik ikon pengaturan

Scroll ke bawah dan cari link undangan Google classroom.

Klik ikon pengaturan
Klik ikon pengaturan

3. Klik ikon share

Ikon share berada tepat di sebelah kanan link undangan. Klik ikon share untuk mulai membagikan link.

Klik ikon share
Klik ikon share

4. Klik salin

Seperti yang sudah Oting jelaskan di cara pertama, cara membagikan link Google Classrom bisa bermacam-macam. Untuk contoh kali ini, Oting memilih salin yang artinya, link akan di-copy atau disalin untuk ditempel nantinya.

Klik salin
Klik salin

5. Buka WhatsApp

Buka WhatsApp untuk mulai salin link
Buka WhatsApp untuk mulai salin link

6. Kirim link yang disalin ke kontak atau grup WA

Cara mengirimnya cukup mudah, tinggal tekan dan tahan pada kolom chat lalu klik tempel. Setelah link berhasil di-paste atau ditempel, BosBis bisa langsung menekan tombol kirim.

Nah BosBis, dari kedua cara yang Oting tuliskan diatas, mana yang menurut BosBis paling mudah dilakukan? Apakah cara yang pertama atau cara kedua? Jawabannya tergantung ke kenyamanan BosBis. Jadi itu saja yang bisa Oting sampaikan, semoga tutorial kali ini bermanfaat. Terima kasih sudah membaca, jika ada pertanyaan, silahkan hubungi Oting dengan klik ikon WhatsApp yang ada di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: ,