>

Cara Membatalkan Pesanan COD di Shopee Yang Sudah Dikirim

Cara Membatalkan Pesanan COD di Shopee Yang Sudah Dikirim

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Memang tidak dipungkiri bahwa kita bisa saja berubah pikiran meski pesanan sudah dikirimkan. Contohnya pesanan COD yang ingin dibatalkan namun sudah dikirim. Pertanyaannya, apakah bisa? Sistem COD ini memang membuat keuntungan berpihak hampir sepenuhnya kepada konsumen. Konsumen tidak perlu membayar pesanan barang terlebih dahulu dan bisa membayar jika barang sudah sampai atau sudah diperiksa kebenarannya didepan kurir yang mengantar. Namun, sistem COD ini bisa saja bablas karena tidak ada verifikasi pembayaran setelahnya. Bisa saja konsumen salah pencet, atau dipencet oleh anak yang tidak mengerti kegunaan Shopee dan alasan lainnya. Satu-satunya solusi untuk masalah ini, bayar atau dibatalkan.

Jika bos bis memilih untuk membatalkan, ada beberapa solusi yang bisa oting tawarkan. Pertama mari kita cek terlebih dahulu pesanan COD tersebut.

1. Buka aplikasi Shopee

Pastikan bos bis sudah login menggunakan akun Shopee yang aktif digunakan.

2. Klik menu saya

Setelah masuk ke halaman beranda, klik menu saya yang ada di pojok kanan bawah halaman.

Klik menu saya
Klik menu saya

3. Klik dikirim

Klik pada kolom dikirim untuk melihat semua pesanan dalam proses kirim.

Klik dikirim
Klik dikirim

4. Pesanan yang sedang dikirim

Inilah halaman pesanan yang sedang dikirim. Periksa sekali lagi, jika benar ingin membatalkan pesanan, mari kita ke solusinya.

Pesanan yang sedang dikirim
Pesanan yang sedang dikirim

Solusi pembatalan pesanan COD yang sudah dikirim

  1. Bos bis hanya bisa mengajukan pembatalan pesanan 1x. Jika bos bis dikemudian hari membatalkan pesanan lagi dengan produk dan di toko yang sama, maka pengajuan pembatalan akan secara otomatis dibatalkan sistem.
  2. Pesanan yang sudah dikirim pada dasarnya tidak bisa dibatalkan, tapi bos bis bisa menghubungi penjual dan minta persetujuan pembatalan.
  3. Setelah persetujuan pembatalan didapatkan, bos bis bisa langsung membatalkan ke kurir saat kurir sedang mengantar paket bos bis. Jelaskan ke kurir bahwa pembatalan ini sudah mendapatkan kesepakatan penjual.

Jadi itulah cara membatalkan pesanan COD di Shopee yang sudah dikirim. Pengajuan pembatalan hanya bisa dilakukan 1x sesuai kebijakan sistem dan ketentuan Shopee. Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lain dengan memasukkan kata kunci ke kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: ,