>

Cara Membatalkan Pesanan COD di Shopee

Cara Membatalkan Pesanan COD di Shopee

Halo Bos Bis semuanya! Assalamualaikum! Kali ini Oting akan berbagi cara membatalkan pesanan COD di Shopee. Oting akan menjelaskan secara rinci mengenai pembatalan pesanan COD tersebut. Terkadang memang kita seringkali salah dan tidak teliti saat membeli sebuah barang secara online. Tapi memang perlu diketahui bahwa membatalkan pesanan itu tidak bisa sembarangan karena dapat merugikan banyak pihak. Termasuk penjual dan juga kurir pengantaran barang. Kita tentu tidak boleh membuat rugi banyak pihak hanya karena kecerobohan sendiri.

Yuk kita langsung saja ke cara dan penjelasan tentang membatalkan pesanan COD di Shopee.

1. Buka aplikasi Shopee

2. Masuk ke menu saya

Masuk ke menu saya
Masuk ke menu saya

3. Klik lihat riwayat pesanan

Pada halaman riwayat pesanan ini, terdapat beberapa tab status pesanan.

Klik lihat riwayat pesanan
Klik lihat riwayat pesanan

4. Klik tab dikemas

Jika pesanan baru masuk ke tab ini, itu artinya pesanan sedang dikemas oleh penjual. Di tab ini sebenarnya masih bisa dibatalkan namun tetap saja untuk benar-benar membatalkan pesanan, pengajuan pembatalan harus disetujui oleh penjual.

Klik tab dikemas
Klik tab dikemas

5. Klik pada order

Klik pada order
Klik pada order

6. Klik batalkan pesanan

Klik batalkan pesanan
Klik batalkan pesanan

7. Pilih alasan

Pilih alasan yang paling pas untuk menggambarkan kondisi mengapa kamu harus membatalkan pesanan tersebut.

Pilih alasan
Pilih alasan

8. Klik konfirmasi

Tunggu pengajuan pembatalan diterima oleh penjual. Bos Bis juga bisa menghubungi penjual via chat untuk meminta penjual mengkonfirmasi pengajuan pembatalan pesanan. Jangan lupa sematkan alasan yang logis dan tidak merugikan kedua belah pihak. Tapi, memang tidak akan 100% berhasil dibatalkan ya Bos Bis. Karena kembali lagi, semua itu tergantung kebijakan penjual.

Klik konfirmasi
Klik konfirmasi

Ada beberapa hal yang harus Bos Bis ketahui mengenai pembatalan tersebut. Jika barang sudah dikirim sudah pasti penjual tidak akan mau mengkonfirmasi pengajuan pembatalan karena barang sudah berada di kurir. Jika barang sudah diterima, Bos Bis bisa langsung menolak pesanan tapi dengan catatan harus dengan persetujuan penjual sebelumnya. Perlu diketahui, jika Bos Bis menolak pesanan upah kurir akan dipotong atau tidak dibayarkan. Jadi sebaiknya bijak sebelum memesan barang secara online agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Jadi itu saja yang bisa Oting sampaikan mengenai cara membatalkan pesanan COD di Shopee. Semoga bermanfaat, dan terima kasih sudah membaca. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi oting dengan klik ikon WhatsApp di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: ,