>

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia Yang Sudah Dikirim

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia Yang Sudah Dikirim

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Saat kita memesan barang di marketplace memang terkadang tidak semua bisa pas. Misalnya saat membeli baju. Karena tidak dapat mencobanya terlebih dahulu, kita hanya berpatokan di size S, M, L, dan XL. Size standar yang terkadang berbeda dari satu size S toko A ke size S toko B. Saat kita tidak membaca deskripsi dengan teliti dan tidak mengukur dengan teliti bisa jadi timbul kesalahan saat pembelian, bajunya tidak muat atau bajunya kebesaran. Ada kasus lainnya lagi, seperti double order. Saat terburu-buru harus order barang A, kita dengan tidak sadar menekan checkout di pagi hari dan kembali menekan checkout untuk barang yang sama di malam harinya dan baru sadar keesokan harinya saat mengecek posisi pesanan, kedua pesanan tersebut sudah dikirim. Jika sudah seperti itu apa bisa dibatalkan?

Apa bisa membatalkan pesanan yang sudah dikirim?

Sebenarnya bos bis bisa membatalkan pesanan jika posisinya belum dibayar dan belum diproses. Bos bis bisa dengan mudah menekan tombol batalkan pesanan. Bos bis juga bisa membatalkan pesanan jika posisi pesanan belum dikirim atau dengan kata lain masih diproses dengan cara pengajuan pembatalan pesanan. Jelaskan secara rinci kenapa bos bis ingin membatalkan pesanan agar pembatalan dapat disetujui penjual. Lalu bagaimana jika pesanan sudah dikirim?

Sudah dikirim artinya pesanan bos bis sudah dalam perjalanan menuju rumah atau dalam arti sudah berada ditangan kurir. Jika sudah seperti ini akan sulit dibatalkan kecuali ditolak saat barang datang. Tapi, hal itupun harus dengan persetujuan penjual. Jadi memang kecil kemungkinannya membatalkan pesanan jika sudah dikirim. Karena penjual sudah menyerahkan barang ke kurir dan kurir hanya bertugas untuk mengantar saja.

Yang harus diketahui saat membatalkan pesanan

Ada beberapa hal yang harus bos bis ketahui saat membatalkan pesanan, yaitu bahwa ada beberapa pihak yang akan dirugikan, penjual dan kurir. Penjual bisa dirugikan akibat pembatalan sepihak ini karena bisa saja barang rusak di perjalanan sedangkan kurir bisa dirugikan karena rugi tenaga dan waktu sudah mengantarkan paket yang ujung-ujungnya ditolak. Dan sekilas oting dengar pun, kurir akan terkena potong gaji jika paket tidak benar-benar diantar meski memang jelas ditolak oleh pembeli.

Jadi berhati-hatilah sebelum membeli barang via online. Perhatikan semua orang, untung dan ruginya bagi diri sendiri dan orang lain sebelum memutuskan membatalkan secara sepihak. Terima kasih sudah membaca sampai akhir, jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: ,