>

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia Yang Sudah dikirim COD

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia Yang Sudah dikirim COD

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Kali ini oting akan menjelaskan mengenai cara membatalkan pesanan di Tokopedia yang sudah dikirim dengan metode pembayaran COD. Pada dasarnya, pembatalan barang yang sudah dikirim itu tentunya tidak bisa. Namun, karena ini COD, terkadang bisa saja dibatalkan jika ada kondisi khusus. Kondisi khusus ini seperti apa, misalnya pembeli terkena musibah tidak terduga dan sudah tidak ada uang untuk membayar COD. Atau ada hal lain yang terjadi, handphone dimainkan anak hingga tidak sengaja checkout barang sampai akhirnya di proses kirim karena orang tua tidak tahu bahwa ada pesanan tidak disengaja, dan lain sebagainya.

Jika seperti itu, bos bis harus melakukan beberapa langkah di bawah ini sebelum memang benar-benar dibatalkan.

Hubungi penjual

Pertama, bos bis harus hubungi penjual terlebih dahulu dan jelaskan kenapa bos bis ingin membatalkan pesanan. Bos bis harus menjelaskan alasan selogis mungkin, dan tentunya dapat diterima oleh penjual sehingga penjual setuju untuk menyetujui pembatalan pesanan.

Batalkan saat pengiriman

Jika sudah mendapatkan persetujuan pembatalan, bos bis bisa membatalkan langsung ke kurir dengan menunjukkan chat persetujuan pembatalan tersebut. Dengan begini, bos bis tidak harus beralasan lagi ke kurir dan berpotensi akan merugikan banyak pihak, yaitu kurir dan penjual.

Tips : Cek sebelum membeli, jauhkan aplikasi dari anak-anak

Sebenarnya, alasan yang paling banyak digunakan para pembeli untuk menolak COD adalah karena pembeli salah memesan barang, barang tidak cocok, barang sudah dibeli ditempat lain, tidak sengaja terpencet, dan lain sebagainya.

Jika memang itu alasannya, akan lebih baik jika bos bis cek dulu barangnya sebelum membeli. Bisa dengan melihat review di TikTok atau YouTube. Jika alasannya tidak sengaja terpencet, bos bis sebenarnya dapat membatalkannya saat barang masih di proses. Atau jika tidak sengaja terpencet oleh anak-anak, jauhkan aplikasi dengan menguncinya atau menyembunyikannya jika bisa dari anak-anak.

Jadi itulah cara membatalkan pesanan di Tokopedia yang sudah dikirim dengan metode COD. Terima kasih sudah membaca, dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: ,