>

Cara Membatalkan Pesanan Tokopedia COD Yang Sudah dikirim

Cara Membatalkan Pesanan Tokopedia COD Yang Sudah dikirim

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Membatalkan pesanan memang akan kita alami dalam berbelanja online. Entah itu karena barang yang kita pilih salah, kurir yang kita pilih salah, atau bahkan alamatnya yang salah. Hal itu bisa saja terjadi akibat human error yang biasanya karena tidak fokus saat berbelanja. Mungkin karena sedang mengerjakan hal lain, atau sedang terburu-buru. Satu-satunya langkah yang bisa kita ambil adalah membatalkan pesanan tersebut. Hal ini bisa terjadi di marketplace mana saja, tidak terkecuali Tokopedia.

Namun, bagaimana caranya jika kita ingin membatalkan pesanan yang sudah dikirim apalagi jika kita membayarnya via COD? Di bawah ini oting akan jelaskan terlebih dahulu mengenai proses pembatalan barulah kita ke solusinya.

Proses membatalkan order di Tokopedia

Sebenarnya ada beberapa proses tergantung kondisi saat pembatalan order di Tokopedia. Berikut penjelasannya.

  1. Pembatalan order status belum dikonfirmasi penjual. Jika pesanan bos bis masih dalam proses konfirmasi, bos bis dapat membatalkan order tersebut kapan saja tanpa harus mendapatkan persetujuan penjual. Sistem akan langsung membatalkannya dan memproses pengembalian dana.
  2. Pembatalan order status sudah diproses. Jika pesanan bos bis sudah diproses penjual tapi belum dikirim, bos bis bisa membatalkannya namun perlu konfirmasi atau persetujuan dari penjual terlebih dahulu. Jika penjual sudah mengonfirmasi pembatalan, pengembalian dana akan kemudian diproses.
  3. Pembatalan order status sudah dikirim. Jika pesanan bos bis sudah dikirim, tentu saja tidak bisa dibatalkan. Tapi bos bis bisa mengajukan pengembalian barang dengan refund penuh nantinya setelah barang diterima. Hal itu pun tetap harus ada kesepakatan bersama antara penjual dan pembeli.

Sesuai dengan penjelasan poin ketiga, untuk pembatalan pesanan yang dikirim harus melalui persetujuan antara penjual dan pembeli.

Cara membatalkan pesanan sudah dikirim COD

Satu-satunya cara untuk membatalkan pesanan yang sudah dikirim COD adalah dengan membatalkan langsung ke pihak kurir, namun dengan catatan bos bis sudah mendapatkan persetujuan dari pihak penjual bahwa pesanan tersebut akan dibatalkan langsung melalui kurir. Setelah itu bos bis dapat menunjukkan bukti persetujuan pembatalan tersebut kepada kurir yang membawa paket bos bis.

Jadi itulah cara membatalkan pesanan Tokopedia yang sudah dikirim COD. Batalkan melalui kurir dengan persetujuan penjual. Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lain dengan memasukkan kata kunci ke kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: ,