>

Cara Membatalkan Pesanan Tokopedia Yang Sudah dikirim

Cara Membatalkan Pesanan Tokopedia Yang Sudah dikirim

Halo Bos Bis semuanya! Assalamualaikum! Ada banyak alasan untuk membatalkan pesanan yang sudah kita pesan melalui marketplace online seperti Tokopedia yang bahkan statusnya sudah naik menjadi dikirim. Yang artinya, barang tersebut sudah dikirim oleh penjual dan sudah berada di pihak kurir. Pembeli terkadang berubah pikiran ditengah jalan seperti ini karena mungkin tiba-tiba teringat bahwa barang tersebut sudah pernah dibeli sebelumnya, atau tidak mendapat persetujuan orang tua untuk membelinya, atau alasan lain seperti barang yang tidak diperlukan namun terlanjur dibeli dan alasan lain sebagainya.

Tapi apakah benar kita bisa membatalkannya?

Membatalkan pesanan Tokopedia yang sudah dikirim

Pada dasarnya, jika sudah dikirim, pihak penjual sudah tidak mau tahu karena tugasnya mulai dari memastikan produk lengkap dan dikemas dengan baik sampai memastikan barang diberikan kepada pihak kurir. Pada tahap ini penjual sudah tidak akan menerima pembatalan pesanan. Namun, berbeda pada kasus-kasus tertentu, seperti barang yang rusak atau barang salah kirim. Pembeli bisa saja meminta pengembalian dana langsung meskipun penjual bisa saja menyarankan untuk mengganti produk.

Kasus diatas adalah untuk kasus barang dengan pembayaran metode transfer ya bos bis. Namun untuk pembayaran menggunakan metode cod, sebenarnya bisa saja langsung dibatalkan ke kurirnya. Tapi sekali lagi, bos bis tidak bisa sembarang menolak pesanan. Harus ada alasan konkrit mengenai pembatalan pesanan. Kurir bisa saja menolak jika alasannya tidak logis, seperti menolak hanya karena sudah tidak lagi menginginkan pesanan tersebut.

Hal yang harus diketahui saat membatalkan pesanan

Di marketplace manapun yang memberlakukan cod, tidak hanya Tokopedia saja. Jika pembeli menolak pesanan cod, atau dengan kata lain membatalkannya secara sepihak, orang pertama yang akan dirugikan adalah kurir, karena gaji kurir yang mengantar paket cod tersebut akan dipotong. Selain itu, penjual menjadi orang kedua yang akan dirugikan karena produknya tidak jadi dibeli dan berpotensi besar rusak diperjalanan.

Selain itu, bos bis yang sering membatalkan pesanan, terutama cod, bisa mendapatkan peringatan dari pihak Tokopedia. Bisa jadi peringatan awal dengan akunnya dibekukan sementara hingga dibekukan permanen, yang artinya diblokir.

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah bos bis benar-benar akan membeli barang tersebut atau tidak. Jangan sampai, bos bis merugikan banyak pihak karena pembatalan sepihak ini.

Itu saja yang bisa oting sampaikan, dan terima kasih sudah membaca. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi oting dengan klik ikon WhatsApp di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: ,