Cara Membuat Buku Keuangan Pribadi Dan Contohnya

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Pengelolaan keuangan pribadi sama pentingnya dengan mengelola keuangan perusahaan. Karena pada dasarnya, pengelolaan keuangan diperlukan untuk pribadi dan rumah tangga. Meski uang yang dikelola tidak sebanyak uang yang dimiliki perusahaan, namun tetap diperlukan keahlian untuk membuat buku keuangan pribadi.

Apa itu pembukuan keuangan pribadi?

Pembukuan keuangan pribadi adalah pencatatan setiap transaksi keuangan yang dilakukan oleh pribadi secara teratur. Hal ini bertujuan agar bos bis dapat mengontrol pengeluaran agar tidak lebih besar dari pendapatan. Jadi, saat pembukuan terjadi, bos bis secara tidak langsung sedang menelusuri pengeluaran dan memastikan bahwa budget bos bis cukup untuk menghidupi kebutuhan beserta gaya hidup bos bis dalam satu bulan kedepan. Bos bis juga dapat mengevaluasi di setiap akhir periode, mana saja yang harus dikurangi agar dapat memenuhi kebutuhan lainnya. Itulah yang disebut proses budgeting dan pengelolaan keuangan pribadi.

Manfaat pembukuan keuangan pribadi

Di bawah ini ada beberapa manfaat pembukuan untuk keuangan pribadi bos bis semua, diantaranya;

  1. Mengetahui detail pemasukan dan pengeluaran
  2. Mengatur pengeluaran
  3. Mengidentifikasi prioritas pengeluaran
  4. Mengamankan keuangan
  5. Mengalokasikan dana tabungan, darurat dan investasi
  6. Tercapainya kebebasan finansial

Cara membuat buku keuangan pribadi

Adapun beberapa cara untuk membuat buku keuangan pribadi antara lain;

1. Dengan menggunakan buku tulis

Bos bis dapat menggunakan buku tulis untuk mencatat setiap pendapatan yang masuk beserta pengeluarannya. Menurut buku kakeibo, cara tradisional seperti ini justru lebih dianjurkan karena kita dapat mengingat setiap hal yang kita tulis. Namun, merepotkan karena harus membawa buku ke mana-mana dan bisa saja hilang atau basah.

2. Dengan menggunakan microsoft excel

Bos bis juga dapat menggunakan microsoft excel untuk pencatatan keuangan. Lebih praktis karena sekarang ada spreadsheet yang dapat diakses secara online. Tersedia rumus penjumlahan yang otomatis dapat menjumlahkan saldo akhir. Jadi bos bis dapat lebih mudah mengontrol uang bos bis.

3. Dengan menggunakan aplikasi pembukuan harian

Banyak yang membuat aplikasi pembukuan harian dengan beragam desain antar muka dan juga fitur didalamnya. Aplikasi pembukuan ini gratis diunduh di playstore dan bos bis bebas memilih aplikasi manapun sesuai dengan minat bos bis.

Contoh buku keuangan pribadi

Untuk buku keuangan pribadi sebenarnya tidak perlu terlalu rumit. Cukup dengan kolom tanggal, keterangan, pemasukan, pengeluaran, dan saldo. Cara mengisinya juga mudah. Hanya tinggal dijumlahkan saja dengan rumus. Pendapatan-pengeluaran=saldo awal, saldo awal+pendapatan-pengeluaran=saldo akhir, dan begitu seterusnya. Cara ini terbilang ringkas karena bos bis bisa langsung melihat sisa saldo/sisa uang bulanan yang bos bis miliki.

Contoh buku keuangan pribadi
Sumber : bukumitra.id
Contoh buku keuangan pribadi
Sumber : bukumitra.id

Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lain dengan memasukkan kata kunci ke kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: