Cara Membuat Buku Penjualan dan Buku Pembelian Sederhana

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Membuat buku penjualan dan buku pembelian merupakan hal paling awal dalam pembukuan usaha. Usaha sekecil apapun, membuat buku penjualan dan buku pembelian tetap sangat penting dilakukan agar terciptanya transparansi keuangan. Kedua buku ini pun dapat digunakan untuk mencapai tujuan pengelolaan keuangan yang baik agar usaha dapat berkembang lebih baik lagi.

Bagi usaha kecil, pencatatan pembukuan tidak perlu dilakukan dengan rumit. Bisa dimulai dengan pembukuan secara sederhana meliputi penjualan dan pembelian. Di bawah ini oting akan coba tunjukkan cara membuat buku penjualan dan buku pembelian sederhana untuk usaha kecil bos bis semua.

Tentukan, manual atau komputerisasi

Hal pertama yang harus bos bis tentukan adalah mau melakukan pembukuan secara manual atau komputerisasi. Jika manual, bos bis hanya perlu membeli dua buah buku untuk masing-masing pos pembukuan, yaitu pos penjualan dan pos pembelian. Buku untuk pencatatan penjualan dan pembelian secara manual biasanya menggunakan buku polio.

Buku polio
Buku polio
sumber : google

Kolom untuk buku penjualan dan pembelian

Selanjutnya kita mulai membuat kolom-kolom yang penting untuk dibuat dalam buku penjualan dan pembelian. Secara sederhana kedua buku pos ini hanya memerlukan kolom sebagai berikut;

  1. Tanggal : pencatatan tanggal sangat penting agar kita tahu kapan terjadinya transaksi
  2. No Invoice : dicatat agar kita tahu bahwa transaksi tersebut memiliki bukti sah berupa invoice
  3. Keterangan : kolom ini diisi dengan keterangan penjualan atau pembelian produk pada transaksi tersebut. Keterangan harus ditulis selengkap-lengkapnya
  4. Nominal : diisi dengan jumlah nominal yang dikeluarkan atau nominal yang masuk pada transaksi tersebut.

Contoh buku penjualan dan pembelian dalam excel

Jika dibuat dalam program Excel, maka buku penjualan dan pembelian akan terlihat seperti di bawah ini.

Contoh buku penjualan
Contoh buku penjualan

Untuk contoh buku pembelian kurang lebih sama, karena kolom-kolom yang digunakan juga sama hanya saja judul posnya berbeda dan isinya juga sesuai dengan pembelian persediaan atau bahan-bahan pokok pada saat itu.

Jadi itulah cara membuat buku penjualan dan pembelian sederhana. Mulai membuat pembukuan sederhana meskipun usaha bos bis masih kecil. Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lain dengan memasukkan kata kunci ke kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: