Cara Membuat Buku Penjualan Pulsa

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Di setiap usaha, sekecil apapun usaha itu tetap diharuskan membuat buku keuangan meski sederhana. Diantaranya ada buku penjualan, buku pembelian, dan buku kas umum. Semua itu harus dibuat agar terciptanya keuangan yang baik. Terlebih lagi dengan pembukuan yang baik dan teliti, usaha apapun bisa sukses. Contohnya usaha penjualan pulsa.

Dalam usaha penjualan pulsa, kita harus membuat buku penjualan pulsa agar data konsumen dan data penjualan terekap dengan jelas. Dari buku penjualan ini juga kita bisa melihat sejauh mana perkembangan usaha kita. Berapa omset yang kita dapat per harinya dan berapa lama yang kita dapat dari hasil penjualan ini.

Di bawah ini oting akan tunjukkan cara membuat buku penjualan pulsa. Namun sebelum ke tutorialnya perlu diketahui ada 2 cara yang bisa bos bis lakukan untuk pembuatan buku penjualan ini. Bisa secara manual yaitu dengan membeli buku folio, bisa juga secara komputerisasi yaitu menggunakan excel. Keduanya bisa dilakukan yang penting kolom-kolom dalam pembukuan tersemat lengkap.

1. Buka aplikasi Excel atau Spreadsheet

Pertama, bos bis buka aplikasi Excel atau Google Spreadsheet. Pilih saja mana yang lebih mudah untuk bos bis.

2. Buat kolom-kolom utama

Kolom-kolom utama yang harus ada dalam pembukuan pulsa, yaitu; Tanggal, Nama, Provider, Nominal, No Tujuan, Harga. Buat seperti contoh di bawah ini dengan menggunakan tools borders untuk membuat garis kolom.

Kolom-kolom utama pembukuan penjualan pulsa
Kolom-kolom utama pembukuan penjualan pulsa

3. Print lembar pembukuan tersebut

Selanjutnya bos bis bisa print lembar pembukuan tersebut atau bos bis bisa menginput langsung saat ada pembeli. Namun, biasanya di konter pulsa kecil pembeli yang akan mengisi kolom-kolom tersebut. Bos bis hanya cukup mengarahkan pembeli untuk mengisi saja. Inilah contoh pengisiannya.

Contoh pengisian pembukuan penjualan pulsa harian
Contoh pengisian pembukuan penjualan pulsa harian

Jadi itulah cara membuat pembukuan penjualan pulsa secara sederhana. Di akhir hari bos bis tinggal menghitung omzet hari itu dikurangi nilai modal sehingga mendapatkan laba harian. Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lain dengan memasukkan kata kunci ke kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: