Cara Membuat Proforma Invoice dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Seperti yang sudah oting tuliskan di artikel sebelumnya mengenai proforma invoice. Proforma invoice digunakan saat ada transaksi jual beli yang memerlukan pengiriman barang secara bertahap dan yang memerlukan pembayaran uang di muka. Proforma invoice juga digunakan sebagai pengingat untuk melunasi pembayaran dari barang yang ia beli.

Perbedaan invoice dan proforma invoice

Invoice berisikan informasi mengenai barang atau jasa yang dibeli, nilai tagihan yang harus dibayar, serta termin pembayaran yang perlu dilunasi pelanggan. Invoice atau faktur bersifat resmi, dan biasanya dikirimkan atau dikeluarkan ketika pembelian telah diselesaikan. Misalnya untuk pembelian 500 box pulpen sekaligus dan telah diantarkan semuanya ke pembeli.

Proforma invoice berisikan informasi mengenai jenis dan jumlah barang atau jasa yang dibeli, nilai barang atau jasa tersebut, dan informasi penting lainnya seperti berat dan biaya pengiriman. Selain itu, faktur proforma umumnya digunakan sebagai faktur sementara.

Proforma invoice masih berupa draft dan membutuhkan konfirmasi pembeli untuk mengubahnya menjadi invoice.

Hal yang harus ada dalam Proforma Invoice

Dalam pembuatan faktur proforma, ada hal-hal yang harus bos bis masukkan dalam dokumen proforma tersebut. Hal-hal yang harus ada dalam proforma invoice tersebut diantaranya adalah;

  1. Identitas penjual.
  2. Tanggal faktur proforma.
  3. Nama dan deskripsi produk atau jasa yang dibeli.
  4. Harga, jumlah pembelian, tarif pajak, jumlah pajak, dan jumlah total pembelian.
  5. Rincian pembayaran.
  6. Tanggal jatuh tempo (jika disetujui).

Bos bis dapat memasukkan informasi transaksi lainnya yang dianggap penting bagi pembeli pada faktur proforma tersebut, termasuk info penjualan dan pemasaran.

Contoh proforma invoice dalam bahasa Inggris

Contoh proforma invoice - online-pajak.com
Contoh proforma invoice – online-pajak.com

Kesimpulan

Proforma invoice atau faktur proforma adalah dokumen yang dikirimkan ke pembeli sebagai bukti adanya transaksi dan digunakan sebagai faktur pengganti sementara yang dikirimkan oleh penjual sebelum mengirimkan barang atau mengerjakan jasa. Bos bis dapat mengirimkan proforma invoice jika pembelian barang memerlukan pembayaran uang muka.

Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lain dengan memasukkan kata kunci ke kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: