Cara Menabung 100x Dengan Total 4 Juta

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Menabung adalah cara terbaik untuk kita mendapatkan apa yang menjadi goals kita. Misalnya, menabung karean sudah perlu untuk mengganti handphone lama. Atau mungkin hanya sekedar menabung untuk menjadi dana darurat. Banyak yang merasa kesulitan menabung untuk mencapai nominal yang diinginkan padahal sebenarnya menabung itu mudah lho.

Menurut buku kakeibo, kita akan lebih mudah menabung jika kita membuat suatu target. Misalnya menabung dengan target total 4 juta. Kita hanya membutuhkan 1 buah kertas dengan isian kotak-kotak untuk membuat savings challenge dan 1 buah dompet khusus atau amplop untuk menyimpan tabungan kita.

Di bawah ini oting akan mencoba membuat contoh kotak-kotak dengan total 100 kotak dan total target menabung sebanyak 4 juta. Bos bis juga bisa mencobanya di rumah, mau itu menggunakan excel atau manual.

1. Siapkan alat-alat

Siapkan alat-alat menabung seperti tempat menyimpan uang dan kertas, pulpen dan penggaris untuk membuat kotak-kotak target menabung. Bos bis bisa gunakan dompet, amplop, atau celengan khusus.

2. Berikan nama khusus untuk tempat menyimpan uang

Agar tidak tertukar, bos bis dapat memberikan nama khusus untuk tempat menyimpan uang tabungan bos bis tersebut. Bisa dengan menuliskannya di kertas lalu menempelkan kertas tersebut di area depan. Jika menggunakan amplop putih, tinggal tuliskan saja. Misalnya: “Menabung get 4 juta”.

3. Siapkan kertas saving challenge

Bos bis bisa membuatnya secara manual maupun menggunakan excel lalu di print. Nominalnya bebas yang penting jumlah totalnya 4 juta dari 100 kotak tersebut. Bos bis boleh membuatnya persis seperti dibawah ini atau menggunakan nominal sesuai dengan keinginan bos bis.

saving challenge 4 juta
saving challenge 4 juta

4. Cara mengisi saving challenge

Jika semua alat-alat sudah siap, sekarang waktunya bos bis memulai saving challenge. Masukkan uang yang akan bos bis tabung pada dompet atau amplop khusus. Lalu arsir atau warnai dengan stabilo pada kotak yang sesuai dengan nominal uang yang bos bis tabung.

contoh mengisi saving challenge
contoh mengisi saving challenge

Menabung tidak perlu dengan nominal besar. Meskipun nominalnya kecil, jika ditabung dengan konsisten pasti akan berjuta-juta juga. Yuk, sekarang kita praktikkan saving challenge ini.

Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lain dengan memasukkan kata kunci ke kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: