Cara Menabung Gaji 2 Juta Untuk Beli Motor

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Saat kita memiliki impian tentunya kita harus memperjuangkannya. Contohnya, bos bis yang ingin membeli motor secara cash dan dengan gaji 2 juta. Apakah bisa? Tentu saja bisa. Kuncinya adalah sabar, fokus dan kontrol diri. Sabar karena pasti butuh waktu lama untuk mengumpulkan uang. Fokus pada satu impian terlebih dahulu agar tidak merasa stress. Kontrol diri karena untuk fokus perlu kontrol diri yang tinggi agar tidak tergiur untuk membeli hal lain. Itu artinya, bos bis harus menyampingkan keinginan bos bis yang lain dulu demi impian membeli motor ini.

Kali ini oting akan menggunakan rumus alokasi anggaran 70:5:25. Dimana 70% untuk kebutuhan, 5% untuk keperluan sosial, 25% untuk menabung motor. Dengan kondisi gaji 2 juta per bulan.

Cari info harga motor bekas yang diinginkan

Pertama, bos bis perlu mencari info harga motor bekas yang diinginkan. Hal ini bertujuan agar bos bis dapat lebih fokus lagi untuk mencapai target. Misalnya, Motor genio 2019 yang harganya 10 juta 500 ribu (sumber google). Setelah mendapatkan target ini, bos bis catat target/goal menabung ini di buku khusus. Hal ini berfungsi agar membantu bos bis mengingatkan bahwa bos bis memiliki impian yang harus dicapai yaitu motor yang akan dibeli dengan uang cash hasil menabung.

Alokasikan dana ke setiap pos

Sekarang waktunya menghitung. Kita masukkan nominal gaji kita ke dalam rumus 70:5:25, dan didapatkan;

  1. Kebutuhan: 70%x2jt = 1.400.000. Ini digunakan untuk mencukupi kebutuhan bos bis selama 1 bulan kedepan.
  2. Dana sosial: 5%x2jt = 100.000. Dana sosial ini bisa dipakai jika ada teman nikahan, sumbangan 17 agustusan, dll.
  3. Tabungan: 25%x2jt = 500.000. Ini wajib ditabungkan ya bos bis, kalau bisa pisahkan rekening tabungan dengan rekening untuk pengeluaran.

Berapa lama aku harus menabung?

Jika sudah ditetapkan bahwa yang akan dibeli adalah motor Genio bekas tahun 2019 dengan kisaran harga Rp. 10.500.000,-. Maka bos bis perlu menabung selama 21 bulan untuk mencapai target tersebut atau sekitar 1 tahun 9 bulan. Buat kotak-kotak sebanyak 21 kotak dan isi dengan angka 500 di setiap kotaknya. Setiap bulannya, bos bis tinggal mencoret 1 kotak sebagai tanda bahwa bos bis sudah menabung bulan tersebut.

Sebenarnya, membeli motor dengan cara ini cukup singkat bila dibandingkan harus memaksakan diri mencicil motor baru dengan harga yang jika dijumlahkan dengan bunga jumlahnya bisa 2x lipat dari harga cash. Jadi kembali lagi, kunci menabung adalah Sabar, Fokus, dan Kontrol diri.

Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lain dengan memasukkan kata kunci ke kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: