Cara Menabung Receh Sampai 2 Juta Jadi Logam Mulia

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Kesulitan memengelola keuangan sampai kesulitan menabung selalu jadi masalah semua orang. Bahkan, yang bergaji besar sekalipun akan sulit mengelola keuangan dan sulit menabung. Namun, sebenarnya ada tips dan cara yang ampuh untuk menabung tanpa merasa terbebani. Contohnya dengan menabung receh.

Dulu = Receh Masukin Celengan

Jika bos bis ingat jaman dulu, ibu kita selalu memasukkan uang receh ke celengan. Uang itu biasanya uang kembalian dari warung atau dari pasar. Dan hal itu kita pernah terapkan dengan memasukkan sisa uang jajan hari itu ke celengan berapa pun jumlahnya. Berdasarkan hal itu pula, bos bis bisa menerapkan prinsip menabung receh ini. Meski recehan, tapi jika dikumpulkan hasilnya tentu tetap bisa jadi jutaan juga.

Nabung receh jadi logam mulia

Buka perkara mustahil meski yang kita tabung recehan bisa kita belikan jadi logam mulia. Jika dulu recehan berupa uang 100, 500, hingga 1000 perak. Saat ini karena inflasi nilai recehan jadi naik, yaitu 5000, 10.000, dan 20.000. Mari kita sisihkan uang recehan ini untuk ditabung. Agar lebih merasa tertantang, bos bis bisa membuat kolom-kolom khusus untuk tantangan menabung ini.

Cara membuatnya juga mudah. Bos bis bisa menyiapkan kertas, pensil dan penggaris. Jika ingin di print agar lebih rapi, bos bis bisa membuatnya di excel. Totalnya ada 100 kolom. Pastikan setiap kolom terisi dan totalnya sampai kolom 100 adalah 2 juta. Contoh kolomnya kurang lebih seperti pada gambar di bawah ini.

Savings Challenge Receh
Savings Challenge Receh

Cara Mengisi Tantangan Menabung Receh

Cara mengisinya cukup mudah sebenarnya. Setiap kali menabung, bos bis tinggal arsir atau pakai stabilo untuk mewarnai setiap kolom yang nilainya sudah bos bis tabung. Kurang lebih seperti di bawah ini.

Cara mengisi Savings Challenge
Cara mengisi Savings Challenge

Nah, bagaimana bos bis? Sudah cukup tertantang untuk mencobanya? Bos bis bisa gunakan dompet yang sudah tidak terpakai untuk menyimpan uang tabungan tersebut atau celengan khusus. Setelah uangnya terkumpul, bos bis bisa membeli logam mulia dengan uang tersebut. Semoga berhasil!

Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lain dengan memasukkan kata kunci ke kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: