Cara Mengatur Gaji 5 Juta Per Minggu Agar Bisa Menabung

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Keuangan seringkali jadi permasalahan semua orang. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja yang terkadang kurang. Bahkan menabung pun rasanya tidak bisa. Benarkah tidak bisa? Ataukah cara kita mengatur uang yang salah?

Di bawah ini oting akan berikan tips agar bisa menabung dengan gaji 5 juta per minggu.

1. Buat tujuan menabung

Pertama yang harus bos bis lakukan adalah untuk membuat tujuan menabung lengkap dengan masa pencapaiannya. Misalnya, DP rumah 10 juta dalam 3 bulan, ganti handphone 3 juta dalam 3 bulan. Jangan lupa pisahkan juga untuk dana darurat. Pisahkan sebanyak 30% dari gaji bulanan bos bis Rp. 5.000.000,- x 30% = Rp. 1.500.000,-.

Selanjutnya pisahkan ke dalam pos pos tabungan tersebut. Hitungan kasar, 1 bulan = 4 minggu.

  1. DP rumah 1 juta/12 minggu = 833,333 = 835.000
  2. Ganti handphone 3jt/12 minggu = 250.000
  3. Dana darurat = 415.000

2. Hitung anggaran mingguan

Menabung memang wajib tapi jangan sampai bikin bos bis makan mie instan tiap hari. Hitung semua anggaran mulai dari kebutuhan makan, mandi, ongkos, air, listrik, pulsa, dan lain sebagainya. Pisahkan sebanyak 60% dari gaji mingguan bos bis. Rp. 5.000.000,- x 60% = Rp. 3.000.000,-.

Pisahkan uang 3 juta tersebut ke dalam pos-pos yang jadi anggaran mingguan bos bis. Kontrol semua pengeluaran jangan sampai melebihi budget, jika bisa bos bis harus memiliki sisa uang dari anggaran mingguan tersebut.

3. Hitung anggaran keinginan

Anggaran keinginan ini untuk bos bis jalan-jalan, makan direstoran, membeli baju, buku, dan lain sebagainya. Pisahkan sebanyak 10% dari uang gaji mingguan bos bis. Rp. 5.000.000,- x 10% = Rp. 500.000,-.

Pisahkan anggaran keinginan ini ke dalam pos terpisah. Ambil jika memang diperlukan.

4. Pisahkan rekening tabungan dan rekening pribadi

Cara terbaik agar tabungan tidak terambil adalah dengan memisahkan rekening tersebut. Buat rekening baru hanya dengan tabungan saja tanpa atm dan m-banking. Hal ini agar meminimalisir uang tabungan terpakai.

5. Hindari gaya hidup boros

Jika terbiasa minum kopi mahal di starbucks setiap hari, cobalah minum kopi bikinan rumah sendiri dengan menyeduh sendiri. Banyak yang menjual biji kopi bungkusan dengan berbagai macam pilihan. Kita bisa menyeduhnya sendiri dan tentunya lebih murah.

Jadi itulah tips mengatur gaji 5 juta per minggu agar bisa menabung. Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lain dengan memasukkan kata kunci ke kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: