Cara Mengatur Keuangan Dengan Gaji 2.5 Juta Per Bulan

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Mencatat dan menganggarkan pengeluaran sangat dibutuhkan bagi siapapun terlebih bagi bos bis yang merasa tidak pernah bisa menabung. Hal pertama dalam pencatatan keuangan adalah bos bis harus mencatat seluruh pengeluaran dan seluruh pendapatan selama sebulan. Evaluasi semua pengeluaran tersebut, mana yang dirasa hanya keinginan dan mana yang benar-benar kebutuhan. Setelah itu, barulah bos bis bisa membuat estimasi pengeluaran untuk sebulan kedepan.

Menabung dilakukan di awal bukan di akhir

Yang sering terjadi adalah menabung selalu dilakukan di akhir perencanaan, bukan di awal. Mindset untuk menabung dari sisa pengeluaran merupakan mindset yang salah besar. Jika terus menerus dilakukan, kita tidak akan pernah bisa menabung. Orang-orang yang sudah putus asa karena tidak bisa menabung lah yang pada akhirnya mencari sumber-sumber bagaimana caranya mengatur keuangan dengan baik. Padahal kuncinya satu, menabunglah di awal. Buat menabung sebagai pengeluaran awal, hilangkan pikiran bahwa kita “masih punya uang tabungan”. Karena mindset seperti ini akan berbahaya bagi kondisi keuangan kita.

Pengaturan keuangan dengan gaji 2.5 juta per bulan

Jika bos bis sudah mendapatkan gambaran bagaimana bos bis akan menghabiskan uang gaji bos bis. Pada dasarnya, pengaturan keuangan secara umum adalah 50-30-20. Dimana, 50 untuk kebutuhan, 30 untuk keinginan dan 20 untuk menabung. Namun, oting akan menjelaskan pengaturan keuangan dengan metode yang lebih mudah 50-20-20-10. Hal ini berguna agar bos bis bisa lebih mudah mengalokasikan dana.

  1. 50% x 2.5 juta = 1.250.000. Uang ini untuk keperluan pokok seperti belanja bulanan, belanja mingguan, gas, air galon, listrik, bensin/ongkos, pulsa, iuran sampah, dll.
  2. 20% x 2.5 juta = 500 ribu. Uang ini dialokasikan untuk menabung dan dana darurat, bos bis bisa pisahkan dana darurat jika memungkinkan. Pastikan menabung dilakukan di awal, bukan di akhir.
  3. 20% x 2.5 juta = 500 ribu. Uang ini dialokasikan untuk lifestyle seperti skincare, hiburan, tabungan jalan-jalan, dan makan di luar.
  4. 10% x 2.5 juta = 250 ribu. Uang ini dialokasikan untuk sedekah dan orang tua. Berikan sedekah walau sedikit, karena di setiap harta yang kita dapatkan ada hak orang lain di dalamnya. Berikan juga kepada orang tua sebagai rasa syukur terhadap beliau yang sudah membesarkan kita dengan baik.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir, dan semoga artikel kali ini bermanfaat untuk bos bis semua. Jika ada pertanyaan, bos bis bisa hubungi oting dengan klik ikon WhatsApp yang ada di bawah halaman ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lainnya dengan mengklik kolom pencarian yang berada di atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: