Cara Mengatur Keuangan Dengan Gaji Kecil, Yakin Bisa Nabung!

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Seringkali kita kesulitan mengatur keuangan karena gaji kita kecil. Mengatur keuangan dengan gaji kecil di jaman sekarang memang memiliki tantangannya sendiri. Perlu strategi jitu untuk mengatur keuangan kita agar tetap dapat memenuhi kebutuhan dan tetap bisa menabung, berinvestasi juga bersedekah.

Ada beberapa cara yang bisa bos bis terapkan dalam mengatur gaji bos bis. Lihat penjelasannya di bawah ini yuk!

1. Catat semua pengeluaran

Hal pertama yang bisa bos bis lakukan adalah dengan mencatat semua pengeluaran. Catat semua pengeluaran bahkan untuk pengeluaran parkir sekalipun. Evaluasi setiap akhir periode, misalnya setiap akhir bulan, dan analisis mana pengeluaran yang memang penting dan mana yang tidak penting. Dengan ini, bos bis bisa lebih mengingatkan diri bahwa pengeluaran yang tidak penting tersebut tidak perlu dikeluarkan lagi di bulan berikutnya.

2. Membuat anggaran bulanan

Setelah bos bis mulai terbiasa mencatat semua pengeluaran, sekarang sudah saatnya bos bis membuat anggaran bulanan. Anggaran bulanan ini dibuat sebagai acuan pengelolaan keuangan. Alokasikan gaji bos bis kedalam pos-pos sederhana dengan rumus 65% kebutuhan, 10% tabungan, 10% dana darurat, 10% self reward, 5% sedekah.

Contohnya jika gaji bos bis sebesar 2 juta/bulan dengan kondisi single dan ngekos. Maka buatlah alokasi gaji sederhana seperti di bawah ini.

  1. Kebutuhan pokok, listrik, kos, internet 65% (Rp1.300.000,-)
  2. Dana darurat 10% (Rp 200.000,-)
  3. Tabungan/investasi 10% (Rp 200.000,-)
  4. Self reward 10% (Rp 200.000,-)
  5. Sedekah 5% (Rp 100.000,-)

3. Lepaskan diri dari cicilan dan hutang

Dengan gaji pas-pasan namun memiliki cicilan memang akan sangat menguras gaji. Pada dasarnya, hutang tidak boleh lebih dari 30% pendapatan bulanan kita. Jika lebih dari itu, bos bis akan kesulitan mengatur keuangan untuk kebutuhan lainnya. Akan lebih baik jika bos bis melepaskan diri dari hutang. Jika memang masih memiliki cicilan dan hutang, sebaiknya di lunasi terlebih dahulu.

4. Hindari gaya hidup boros

Jika bos bis terbiasa membeli makanan jadi, cobalah untuk mulai memasak sendiri. Membeli bahan masakan dan memasak sendiri sebenarnya lebih menghemat pengeluaran dan tentunya lebih sehat karena kita yang mengolah masakan itu sendiri. Jika bos bis terbiasa membeli kopi kafe, cobalah untuk mulai membeli kopi sachet atau biji kopi giling dan menyeduhnya di rumah. Begitupun jika membeli gadget atau barang mahal, cobalah untuk membeli barang bekas yang kualitasnya masih bagus alih-alih membeli barang baru.

5. Tingkatkan tabungan dengan investasi

Investasi semakin digandrungi karena returnnya yang besar. Bos bis mulai mencari-cari informasi mengenai investasi reksadana yang cocok untuk nominal kecil dan pemula dan cobalah untuk mulai berinvestasi. Pilih manager investasi yang terpercaya dan sudah terdaftar di OJK.

Jadi itulah cara mengatur keuangan dengan gaji kecil. Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lain dengan memasukkan kata kunci ke kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: