Cara Mengatur Keuangan Jika Tinggal Bersama Mertua

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Mengatur keuangan penting untuk dilakukan semua orang, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa single, hingga yang sudah menikah tinggal sendiri atau tinggal bersama orang tua pun perlu untuk mengatur keuangan. Dengan adanya pengaturan keuangan, keluar masuknya uang akan terpantau dengan baik dan bos bis juga tidak akan merasa bingung kenapa uang habis tidak bersisa. Pencatatan dalam pengaturan keuangan pun penting dilakukan untuk menunjang pengaturan keuangan.

Bagi bos bis yang tinggal sendiri, mungkin tidak akan rumit saat membagi keuangan. Namun, tingkat kerumitan akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya orang yang dinafkahi. Contohnya, pasangan menikah yang tinggal dengan mertua.

Di bawah ini, oting akan jelaskan cara mengatur keuangan untuk bos bis yang sudah menikah dan tinggal bersama orang tua.

1. Komunikasikan dengan pasangan

Jika menyangkut soal uang, pastikan bos bis harus lebih terbuka dengan pasangan ya. Apalagi jika tinggal bersama mertua. Bisa saja mertua ikut campur dalam hal keuangan. Untuk itu perlu adanya diskusi serius tentang apa saja kebutuhan mertua yang harus dipenuhi dan berapa nominal uang yang harus diberikan.

2. Catat kebutuhan mertua

Agar budget yang diberikan kepada mertua sesuai dengan kebutuhannya, bos bis perlu untuk mencatat setiap kebutuhan mertua. Mulai dari belanja harian, biaya obat, kebutuhan sehari-hari, perlengkapan sehari-hari, dan lain sebagainya.

3. Berikan berdasarkan jumlah kebutuhan

Hal ini bukan berarti bos bis tidak boleh memberikan jumlah lebih kepada mertua ya. Tapi yang terpenting adalah bos bis sudah mengetahui budget bulanan yang sekiranya bisa diberikan sesuai dengan kebutuhan mertua.

4. Pisahkan budget

Penting untuk memisahkan budget pribadi dan juga budget mertua. Karena jika budget masih menyatu dengan budget pribadi, kekurangan anggaran dalam rumah tangga bisa saja terjadi.

5. Lihat kondisi finansial mertua

Bicarakan dengan pasangan mengenai kondisi finansial mertua sekaligus membicarakan berapa sebaiknya budget yang harus diberikan. Jika memang bos bis masih belum cukup mampu memberikan uang bulanan pada mertua, tidak perlu memaksakan diri. Menunjukkan rasa sayang kepada mertua, tidak melulu dengan uang. Dengan mencukupi kebutuhannya saja, mertua sudah pasti akan senang.

Terima kasih sudah membaca hingga akhir, dan semoga bermanfaat bagi bos bis semuanya. Jika bos bis memiliki pertanyaan, silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp yang ada di bawah ini. Bos bis bisa lihat artikel lainnya dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian di bagian atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: