Cara Mengelola Keuangan Agar Bisa Menabung Dengan Gaji 3 Juta

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Seperti yang sudah oting singgung di artikel Cara Efektif Mengelola Gaji Agar Tetap Bisa Menabung, gaji kecil pun akan tetap bisa menabung jika menerapkan pengelolaan keuangan dengan baik dan benar. Syarat utama yang sering diabaikan adalah jadikanlah menabung sebagai pos pengeluaran gaji. Mungkin terdengar membingungkan, “kok menabung disebut pengeluaran”. Memang benar, menabung atau savings bukanlah pengeluaran melainkan aset lancar. Namun, anggaran menabung tentulah harus dikeluarkan dari total gaji.

Menabung adala prioritas utama

Untuk dapat sukses menabung, bos bis harus menjadikan tabungan sebagai prioritas utama. Pos tabungan secara umum harus dipisahkan 20% dari gaji. Di mana bos bis juga harus membaginya dengan pos dana darurat. Hal ini harus bisa bos bis bedakan ya. Dana darurat adalah dana yang sewaktu-waktu dapat bos bis ambil di saat darurat. Sedangkan tabungan adalah dana yang direncanakan untuk masa depan.

Kelola utang agar tidak lebih dari 30%

Salah satu kesulitan orang-orang untuk menabung adalah karena memiliki utang yang melebihi 30% dari gaji, bahkan sampai ada yang lebih dari 50% gaji. Untuk itu pengelolaan utang ini perlu bos bis kaji lagi. Jika tidak mendesak, tidak perlulah berutang.

Mengelola gaji 3 juta dengan rumus 70:20:10

Oting akan coba contohkan pengelolaan gaji 3 juta dengan rumus umum 70:20:10. Dimana 70% untuk kebutuhan, 20% untuk menabung dan 10% untuk keinginan. Dengan kondisi belum menikah, ngekos, dan tidak punya cicilan

Pos kebutuhan 70% = 2.100.000

Saran : atur prioritas pengeluaran kebutuhan dan urutkan.

  1. Sewa kos : 700.000
  2. Air galon : 50.000
  3. Listrik : 100.000
  4. Pulsa : 100.000
  5. Ongkos : 150.000
  6. Makan sehari-hari : 1.000.000

Pos menabung 20% : 600.000

Saran : Buat tabungan terpisah, masukkan ke dalam 2 sub-pos. Tabungan dan dana darurat. Dana darurat ideal adalah 3-6x pengeluaran bulanan.

  1. Tabungan : 400.000
  2. Dana darurat : 200.000

Pos keinginan 10% : 300.000

Dana keinginan digunakan untuk memenuhi keinginan bos bis seperti menonton film, membeli buku/novel, membeli kopi, makan di restoran, nongkrong di kafe, dll.

Disclaimer : Contoh ini hanya contoh perhitungan anggaran keuangan. Anggaran pengeluaran sepenuhnya dikembalikan lagi sesuai dengan kondisi bos bis masing-masing.

Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lain dengan memasukkan kata kunci ke kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: