Cara Mengelola Keuangan Agar Bisnis Lancar

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Mengelola keuangan usaha adalah hal yang wajib dilakukan dan paling krusial dalam mengelola bisnis. Jika pengelolaan keuangan tidak baik, maka bisnis pun bisa mencapai kerugian. Tentu saja bos bis tidak mau bisnisnya menjadi rugi bukan? Dengan mengelola keuangan yang baik, bisnis bos bis tidak hanya akan mencapai kelancaran, namun kesuksesan juga. Mengelola keuangan tidak hanya diharuskan untuk bisnis yang besar saja, namun bisnis kecil seperti warung, bengkel, online shop juga perlu melakukan pengelolaan keuangan bisnis ini.

Manfaat mengelola keuangan bisnis

Mungkin bos bis mengira dalam bisnis, penjualanlah yang menjadi intinya. Namun, penjualan yang besar tidak akan berdampak apa-apa jika keuangan dari hasil penjualan tidak dikelola dengan baik. Berikut ini adalah manfaat dari mengelola keuangan bisnis.

  1. Pengelolaan keuangan digunakan untuk menyusun rencana pemasukan dan pengeluaran.
  2. Dengan pengelolaan keuangan, bos bis dapat mengetahui dan memastikan dari mana uang yang masuk dan uang yang keluar. Hal ini demi pengendalian keuangan.
  3. Dengan mengelola keuangan bisnis, bos bis bisa mengevaluasi atas kondisi bisnis bos bis.
  4. Dengan mengenal kondisi keuangan bisnis dengan baik, bos bis bisa menyusun strategi penjualan baru atau strategi pendapatan baru.
  5. Pengelolaan keuangan bisnis juga dapat memaksimalkan nilai bisnis bos bis jika suatu hari nanti mau menjual bisnis bos bis ini.

Cara mengelola keuangan bisnis

Ada beberapa tips untuk bos bis terapkan dalam menjalankan pengelolaan keuangan bisnis.

  1. Edukasi: Bos bis harus lebih banyak mengedukasi diri tentang dasar-dasar pengelolaan keuangan dan pembukuan. Bisa melalui buku atau webinar.
  2. Pisahkan keuangan pribadi dan bisnis: Meski bisnis masih kecil, tapi pemisahan rekening bisnis dan rekening pribadi itu sangat penting agar lebih mudah memantau arus uang.
  3. Menyusun anggaran: Penyusunan anggaran bertujuan untuk mengendalikan pengeluaran. Pantau pengeluaran bulan lalu dan mulai susun pengeluaran untuk bulan berikutnya.
  4. Membuat laporan keuangan: Laporan keuangan dibutuhkan untuk setiap bisnis apapun. Karena dokumen-dokumen dalam laporan keuangan dapat berguna untuk menetapkan pajak negara atas bisnis bos bis dan melihat kondisi keseluruhan bisnis bos bis.
  5. Memanfaatkan laba usaha: Bos bis dapat memanfaatkan laba usaha untuk pengembangan bisnis.
  6. Menyiapkan dana cadangan: Dana cadangan diperlukan saat bisnis sedang dalam kondisi tidak baik agar tetap berjalan dengan stabil. Sisihkan sebagian dari laba untuk dana cadangan akan lebih baik daripada tidak memiliki dana cadangan sama sekali.
  7. Mengawasi keuangan: Bagian yang rawan kecurangan adalah di bagian kas dan persediaan. Dengan pengawasan yang baik, kecurangan akan lebih diminimalisir lagi.

Jadi itulah manfaat serta cara untuk mengelola keuangan dengan baik. Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lain dengan memasukkan kata kunci ke kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: