Cara Menghadapi Anak Yang Tidak Mau Makan Nasi

Halo BosBis semuanya! Assalamualaikum! Mendapati anak tidak bisa dan malah phobia makan nasi di negara Indonesia ini menjadi suatu masalah serius yang harus dihadapi para orang tua. Orang tua harus menghadapi tekanan dari orang yang menganggapnya tidak becus dalam mengurus anak sekaligus menghadapi tekanan dalam dirinya sendiri karena anak yang tidak mau makan nasi ini. Lantas bagaimana solusinya?

Penyebab Anak Tidak Mau Makan Nasi

Sebelum ke cara mengatasinya, kita harus tahu dulu penyebab anak tidak mau makan nasi. Mungkin memang anak sedang bosan dengan rasa dan tekstur nasi yang cenderung hambar dan lunak, atau mungkin anak sudah banyak mengkonsumsi makanan manis sehingga ia merasa kenyang dan menolak konsumsi makanan utama. Coba kreasikan nasi menjadi olahan makanan lain, seperti bola-bola nasi, nasi dibalut rumput laut, atau olahan lainnya agar anak tertarik untuk memakannya.

Jika memang anak merasa takut saat melihat butiran nasi, mungkin bisa saja anak mengalami phobia nasi. Jika memang seperti ini, konsultasikan dengan psikolog anak akan lebih baik.

Cara Menghadapi Anak Tidak Mau Makan Nasi

BosBis jangan dulu panik saat mendapati anak tidak mau makan nasi. Memang benar tekanan dari luar tidak bisa dipungkiri akan meningkatkan tingkat stress kita akan masalah ini. Tidak ada orang tua yang menginginkan anaknya sakit, maka dari itu BosBis bisa coba cara di bawah ini.

Jika BosBis sudah mencoba untuk mengolah nasi menjadi makanan lain dan tidak berhasil, BosBis harus tetap sabar. Jangan pernah memaksa bahkan memarahi anak, hal ini bisa saja menimbulkan trauma.

Nasi bukan satu-satunya sumber karbohidrat. BosBis bisa menggantinya dengan kentang, roti, mie dan oatmeal. Lalu cobalah untuk perlahan-lahan memberikan asupan nasi kembali.

BosBis perlu bekerja sama dengan pasangan. Berikan contoh yang baik bagi dirinya. Orang tua harus memperlihatkan bahwa mereka tidak memilih-milih makanan agar kelak anak dapat menirunya.

Hindari terlalu banyak memberikan susu. Susu memang baik tapi susu juga bisa membuat anak kenyang.

Kesimpulan

Memang benar, anak picky eater pastilah membuat para orang tua stress tapi orang tua tetap harus bersabar dan jangan sampai memaksa anak untuk makan. Memaksa anak bisa menimbulkan rasa trauma dan memberi pengalaman buruk kepada anak. BosBis juga bisa memberikan multivitamin untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir, jika ada pertanyaan terkait artikel ini silahkan hubungi Oting dengan klik ikon WhatsApp yang ada di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: