Cara Mengisi Kartu Utang

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Kartu utang dibutuhkan oleh perusahaan sebagai pencatatan bahwa perusahaan memiliki sejumlah utang tertentu kepada kreditur. Fungsi utamanya adalah untuk mengawasi jumlah beban utang yang dimiliki perusahaan serta menjadi catatan atas pembelian secara kredit serta pembayaran utang. Yang nantinya dapat digunakan sebagai pembanding jika terjadi perbedaan jumlah antara kreditur dan debitur.

Setelah di artikel sebelumnya kita mengetahui apa itu kartu utang, fungsi kartu utang dan juga cara membuat kartu utang. Oting akan coba menjelaskan bagaimana caranya mengisi kartu utang.

Contoh kartu utang dibuat di excel

Contoh kartu utang dari bukumitra.id
Contoh kartu utang dari bukumitra.id

Ini adalah contoh dari kartu utang yang pernah oting tunjukkan pada artikel sebelumnya. Dimana kita harus mengisi nama perusahaan kita, nama dan alamat perusahaan kreditur, syarat pembayaran, no rekening dan bank serta atas nama rekening. Di bawahnya akan ada rincian transaksi pembelian serta pembayaran atas utang.

Contoh transaksi utang

Berikut adalah contoh transaksi data utang dari Toko Anggrek ke PT. Mawar. Syarat kredit 2/15, n/30. Dimana syarat kredit ini artinya 2% diskon untuk pembayaran dalam jangka waktu 15 hari dan jumlah penuh yang harus dibayar dalam waktu 30 hari.

  1. 1 Agustus : menunjukkan saldo awal
  2. 6 Agustus : Terjadi pembelian secara kredit dari PT. Mawar senilai Rp 4.000.0000 (Bukti : F-311)
  3. 11 Agustus : Pembayaran atas utang tanggal 6 Agustus senilai Rp 2.000.000 (Bukti : C-304)
  4. 18 Agustus : Terjadi pembelian secara kredit dari PT. Mawar senilai Rp 7.500.0000 (Bukti : F-318)
  5. 19 Agustus: Retur atas barang cacat atau rusak atas pembelian dari Faktur No F-318 sejumlah Rp. 500.000 (Bukti: R – 101)

Pengisian kartu utang

Mari kita langsung saja ke contoh pengisian kartu utang atas transaksi yang sudah dilakukan oleh Toko Anggrek dengan PT. Mawar menggunakan contoh tabel di atas yang dibuat menggunakan excel.

Contoh pengisian kartu utang
Contoh pengisian kartu utang

Nah jadi itulah contoh pengisian kartu utang. Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lain dengan memasukkan kata kunci ke kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: