Cara Mengobati Pusing Saat Membaca Buku

Pernahkah BosBis mengalami pusing saat membaca buku? Memang mengalami hal seperti itu agak disayangkan, terlebih jika memang membaca buku adalah hobi kita. Di sini Oting akan mencoba menjelaskan penyebab dan cara mengobati pusing saat membaca buku. Oting ambil penjelasan dibawah dari keterangan dokter yang ada di Alodokter ya BosBis.

Penyebab pusing saat membaca buku

Tidak akan ada akibat kalau tidak ada sebabnya bukan? Jadi mari kenali dulu penyebab pusing saat membaca buku. Menurut Dr. Nira, alodokter.com, pusing yang kita alami saat membaca bisa saja merupakan gejala dari penyakit di bawah ini:

  1. Gangguan refraksi, merupakan kondisi di mana cahaya yang masuk ke dalam mata tidak bisa difokuskan dengan jelas. Akibatnya bayangan benda terlihat buram atau tidak tajam. Ini sama artinya dengan miopia atau rabun jauh.
  2. Astigmatisma atau mata silindris, kondisi gangguan penglihatan akibat kelainan kelengkungan kornea atau lensa mata
  3. Mata lelah, kelelahan pada mata akibat penggunaan jangka waktu lama tanpa istirahat.

Cara mengobati atau menghindari pusing saat membaca buku

Langkah terbaik adalah dengan memeriksakan mata BosBis ke dokter spesialis mata. Dokter mata akan lebih paham penanganan untuk mata BosBis dan akan lebih tepat dalam hal mendiagnosa jika memang mata BosBis bermasalah. Tapi ada tips lain untuk menghindari pusing saat membaca buku.

  1. Membaca dengan kondisi dan posisi yang benar, artinya jangan sambil tiduran dengan ditemani pencahayaan yang kurang. Jarak buku dengan mata saat membaca minimal 50-60 cm.
  2. Istirahatkan mata selama 20 detik setiap 20 menit sekali.
  3. Seringlah mengedipkan mata saat membaca buku.
  4. Lihatlah objek yang jauh untuk mengistirahatkan mata.

Kesimpulan

Oting juga hobi membaca dan memang akhir-akhir ini sering mengalami hal seperti ini. Terlebih jika membaca sampai berjam-jam. Menurut Dr. Aldo Ferly, Penelitian menunjukkan bahwa kita hanya akan fokus membaca tidak lebih dari 30 menit. Untuk itu, perlu adanya istirahat untuk mata dan otak kita.

NB: Apa BosBis suka dengan topik gaya hidup? Yuk, mengobrol sama Oting!

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: