>

Cara Mengubah KBLI Pada NIB yang Sudah Terbit

Pelaku usaha yang memiliki usaha, baik skala mikro, kecil, menengah dan besar dapat mengurus perizinan usaha di sistem OSS dan mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). Untuk mendapatkan NIB, pelaku usaha perlu mengisi data KBLI. Berikut artikel penjelasan Cara Mengubah KBLI Pada NIB yang Sudah Terbit.

1. OSS Berbasis Risiko

Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko adalah perizinan berusaha yang diberikan kepada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan kegiatan usahanya yang dinilai berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha. Risiko kegiatan usaha dibagi menjadi :

Kegiatan Usaha dengan tingkat risiko rendah;
Kegiatan usaha dengan tingkat risiko menengah rendah;
Kegiatan usaha dengan tingkat risiko menengah tinggi;
Kegiatan usaha dengan tingkat risiko tinggi.

2. Nomor Induk Berusaha (NIB)

NIB atau Nomor Induk berusaha adalah identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh lembaga OSS. Setelah memiliki NIB, maka pelaku usaha bisa mengajukan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional sesuai dengan bidang usahanya masing-masing.

3. Klasifikasi Baku Lapangan Indonesia (KBLI)

Untuk mempermudah pelaku usaha menentukan kategori Bidang Usaha yang akan dikembangkan di Indonesia, pemerintah melalui Badan Pusat Statistik (BPS) menyusun Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI).

KBLI adalah pengklasifikasian aktivitas/kegiatan ekonomi Indonesia yang menghasilkan produk/output, baik berupa barang maupun jasa, berdasarkan lapangan usaha untuk memberikan keseragaman konsep, definisi, dan klasifikasi lapangan usaha dalam perkembangan dan pergeseran kegiatan ekonomi di Indonesia.

4. Cara Mengubah Data KBLI

Login OSS Berbasis Resiko

Masukkan username, password dan captcha dengan benar.

Pilih Menu Perizinan Berusaha

Selanjutnya pilih menu Perizinan Berusaha dan Perubahan. Pada menu perubahan terdapat dua pilihan, Perubahan Badan Usaha dan Perubahan Data Usaha

Login OSS RBA
Login OSS RBA

Perubahan Data Usaha

Perubahan data usaha mencakup perubahan KBLI Bidang Usaha, lokasi usaha dan data usaha. Perubahan data usaha akan menyebabkan perubahan data NIB namun tidak mengubah nomor NIB yang sudah terdaftar.

Perubahan Data Usaha
Perubahan Data Usaha

Demikian artikel Cara Mengubah KBLI Pada NIB yang Sudah Terbit, semoga infonya bermanfaat. Jika ada hal yang ingin ditanyakan lebih lanjut, silakan kontak whatsapp di bawah ya. Terima kasih!

artikel ini disiapkan oleh:

Yulianti Haratulisanah

Mompreneur, Blogger, ibu 2 anak. S1 T. Sipil ITB

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: ,