Cara Pencatatan Keuangan Online Shop Yang Harus Diketahui

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Pencatatan keuangan sangat penting untuk dilakukan saat kita memutuskan untuk memulai bisnis. Pencatatan dibutuhkan untuk dapat mengetahui kondisi bisnis bos bisa dan memantau arus uang yang masuk dan keluar. Pencatatan keuangan juga dapat memudahkan bos bis untuk mengatur target pencapaian bisnis, dan evaluasi bisnis. Bisnis apapun harus melakukan pencatatan keuangan ini termasuk bisnis online shop, baik bisnis kecil atau besar. Laporan keuangan dari hasil pencatatan tersebut dapat digunakan untuk pelaporan pajak nantinya.

Ada beberapa cara pencatatan keuangan online shop yang harus bos bis lakukan. Jika bisnis masih kecil, membuat pencatatan berbasis kas sederhana saja sudah cukup. Oting akan jelaskan beberapa cara pencatatan keuangan terutama untuk pencatatan penjualan bagi bos bis yang memiliki online shop.

Buat rekening khusus untuk bisnis

Hal pertama yang harus bos bis lakukan adalah memisahkan uang pribadi dan uang bisnis. Buat rekening khusus untuk bisnis agar lebih mudah memantau keuangan bisnis bos bis. Pilih bank yang paling banyak digunakan untuk bertransaksi oleh konsumen agar bos bis dapat lebih mudah melakukan transaksi. Pada dasarnya, konsumen tidak suka membuang uang admin meski hanya 2500 rupiah.

Lakukan pencatatan harian secara teratur

Hal kedua yang harus bos bis lakukan adalah mencatat pengeluaran dan pemasukan harian secara teratur. Jika bos bis memiliki sumber penjualan dari 3 sumber berbeda, misalnya penjualan sosial media, penjualan marketplace dan penjualan website. Pisahkan pencatatan ketiga sumber tersebut ke dalam 3 buku yang berbeda. Hal ini untuk memudahkan bos bis memindahkan catatan ke dalam buku besar nantinya dan bos bis juga dapat dengan mudah memantau sumber pemasukan.

Membuat laporan keuangan

Hal ketiga yang harus bos bis lakukan adalah membuat laporan keuangan. Dengan membuat laporan keuangan, bos bis dapat lebih mudah melihat hasil akhir dari keseluruhan transaksi selama sebulan untuk evaluasi bisnis. Jika bisnis bos bis masih kecil dan transaksi belum mencapai 4,8 miliar setahun. Membuat laporan laba rugi saja sudah cukup. Hal ini diperuntukkan agar bos bis dapat melihat berapa keuntungan dari bisnis bos bis. Keuntungan ini bisa bos bis pakai untuk pengembangan bisnis.

Terima kasih sudah membaca hingga akhir, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp yang ada di bawah ini. Bos bis bisa cari artikel lainnya dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian yang ada di atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: