Fungsi Nota Kredit dan Cara Membuatnya

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Nota digunakan sebagai bukti adanya transaksi jual beli, dan biasanya nota dikeluarkan oleh pihak penjual kepada pihak pembeli. Nota yang sering dijumpai biasanya bernama nota kontan. Merupakan nota yang terdapat nama barang, kuantiti, harga dan total barang yang dibeli. Namun, ada juga nota lainnya yaitu nota kredit. Nota kredit berfungsi sebagai bukti transaksi penerimaan barang yang sudah dijual dari pihak penjual kepada pihak pembeli.

Fungsi Nota Kredit

Nota kredit memang selalu disandingkan dengan nota debit. Nota debit biasanya dikeluarkan oleh pembeli sebagai bentuk retur barang, dan nota kredit akan dikeluarkan oleh penjual sebagai bentuk penerimaan retur barang dan dapat digunakan untuk pengurangan piutang.

Berikut fungsi nota kredit;

  1. Bentuk tanggung jawab dari penjual ke pembeli atas barang yang diretur
  2. Dokumen untuk revisi pembukuan
  3. Meminimalisir kesalahan di lapangan
  4. Dapat menjaga hubungan baik antara penjual dan pembeli
  5. Melacak transaksi barang yang bermasalah
  6. Meningkatkan kinerja pengembangan usaha

Cara Membuat Nota Kredit

Nota kredit tentunya memiliki perbedaan dengan nota debit dan juga nota kontan. Berikut oting sampaikan kolom apa saja yang harus ada pada nota kredit. Dengan begitu, bos bis bisa lebih mudah membuat nota kredit menggunakan excel.

  1. Tulisan NOTA KREDIT sebagai judul nota
  2. Tulis nama toko, alamat lengkap dan nomor telepon
  3. Tulis nomor nota kredit sebagai referensi
  4. Tulis tujuan nota kredit ; nama toko dan alamat
  5. Keterangan telah menerima barang yang diretur pembeli
  6. Keterangan lengkap mengenai barang yang dikembalikan, dengan membuat kolom; No, Kode barang, Jenis barang, Harga satuan, Jumlah barang, Sub total dan Total

Jadi itulah fungsi beserta cara membuat nota kredit. Pembukuan atas apapun akan penting untuk dilakukan sebagai bukti transaksi termasuk transaksi retur barang. Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lain dengan memasukkan kata kunci ke kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: